Optimalisasi pencegahan stunting hingga menjangkau Desa Bekonsu

id pemkab lamandau, nanga bulik, stunting, desa bekonsu, kecamatan lamandau, gangguan pertumbuhan, lamandau, tp pkk bekonsu

Optimalisasi pencegahan stunting hingga menjangkau Desa Bekonsu

Foto Arsip - Penyerahan bantuan makanan bergizi untuk ibu hamil dan balita di Desa Bekonsu. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Nanga Bulik (ANTARA) -
Pencegahan maupun penanganan stunting atau gangguan pertumbuhan di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah dilakukan secara merata ke berbagai wilayah, termasuk menjangkau desa-desa.
 
Salah satunya yakni di Desa Bekonsu, Kecamatan Lamandau yang pencegahan stunting di antaranya dilakukan jajaran TP PKK Desa Bekonsu dengan memberikan bantuan makanan serta lainnya sesuai kebutuhan masyarakat.
 
"Hal tersebut sesuai dengan instruksi Presiden melalui Kemendagri untuk percepatan penurunan stunting hingga ke desa-desa," terang Ketua TP PKK Desa Bekonsu, Rika Wiwiyanti dihubungi dari Nanga Bulik, Jumat.
 
Menurutnya melalui pemberian bantuan makanan bergizi tersebut dapat mendukung perbaikan pertumbuhan dan gizi bagi anak-anak, terutama yang rawan gejala stunting.
 
Selain memberikan bantuan, pihaknya juga mengimbau warga untuk selalu memperhatikan konsumsi makanan bergizi bagi anak-anak sehingga dapat terhindar dari stunting. 
 
"Adapun bantuan yang kami serahkan ini berupa paket yang berisi telur, beras, kacang hijau, susu dan bantuan makanan lainnya untuk anak-anak," ujarnya.

Baca juga: Pj Bupati Barsel: Peran PKK sangat penting dalam mencegah stunting
 
Lebih lanjut dia menyampaikan, penyaluran secara langsung bantuan ini juga sebagai bentuk kepedulian pemerintah desa dalam upaya percepatan penurunan stunting.
 
"Dengan adanya perhatian dari pemerintah desa kami harap bisa memberikan dukungan dan semangat untuk masyarakat dalam memperbaiki pola asuh bagi anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa," tegasnya.
 
Dia menjabarkan, tujuan dari pemberian bantuan nutrisi adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting dalam rangka menciptakan generasi muda yang sehat dan berkualitas.
 
"Bantuan tersebut disalurkan kepada ibu hamil dan balita yang ada di Desa Bekonsu. Juga diserahkan bantuan alat kesehatan dari pemerintah desa," ucapnya.

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas minta optimalisasi dua intervensi dalam penanganan stunting

Baca juga: Kadinkes Murung Raya: Daerah menjadi ujung tombak penurunan angka stunting

Baca juga: Cegah stunting, Alumni FK Unair 2013 pengabdian masyarakat di Benangin