Prabowo: Saya yakin KPU laksanakan pemilu tanpa kecurangan apa pun

id Prabowo,KPU RI,kalteng,Pemilu 2024,kecurangan pemilu,Hasyim Asy'ari.

Prabowo: Saya yakin KPU laksanakan pemilu tanpa kecurangan apa pun

Calon presiden Prabowo Subianto menyapa wartawan sebelum menuju KPU, di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023). ANTARA/Rina Nur Anggraini/aa. (ANTARA/Rina Nur Anggraini.)

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto menyatakan yakin Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia akan melaksanakan Pemilihan Umum 2024 dengan baik, jujur, adil, dan tanpa kecurangan apa pun.

"Kami yakin KPU akan melaksanakan pemilu dengan sebaik-baiknya, dengan sejujur-jujurnya, dengan seadil-adilnya, tanpa kecurangan apa pun karena kalau pelaksanaan pemilu curang, mengkhianati bangsa dan negara Indonesia," ucap Prabowo saat berpidato usai pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa malam.

Prabowo juga menyatakan sepakat dengan pasangan calon nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bahwa kejujuran harus dijalankan dengan utuh.

"Saya sangat setuju dengan tadi aspirasi harapan-harapan yang disampaikan oleh pasangan calon nomor satu. Kalau baik, kita katakan baik. Kejujuran itu harus utuh seutuh-utuhnya," imbuh Prabowo.

Calon wakil presiden nomor urut satu Muhaimin Iskandar, yang berpidato sebelum Prabowo, mengutarakan pentingnya sportivitas dalam pemilu.

Prabowo mengaku sependapat dengan aspirasi tersebut dan menyampaikan pantun kepada Muhaimin.

"Saya juga sependapat dengan pasangan calon nomor satu, terutama yang disampaikan oleh Gus Muhaimin, sahabat lama saya. Saya juga punya pantun. Satu dua cempaka biru, tiga empat dalam jambangan; kalau mendapat kawan baru, kawan lama dilupa jangan," ucap Prabowo.

Pada kesempatan itu, Prabowo juga mengatakan bahwa seluruh pihak patut berbangga karena Indonesia merupakan salah satu negara demokrasi terbesar di dunia.

"Kita telah mengalami pemilihan-pemilihan umum periode demi periode dan kita bersyukur bahwa negara kita masih utuh, masih bersatu. Walaupun begitu, banyak tantangan yang kita hadapi," kata Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Ia pun mengapresiasi penyelenggara pemilu yang telah bekerja dengan baik untuk menyelenggarakan Pemilu 2024.

"Saya atas nama pasangan calon nomor urut dua, mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada KPU. Kemudian kepada Bawaslu dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) atas terselenggaranya proses pemilihan umum dengan baik," katanya.

KPU menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Penetapan itu berdasarkan hasil pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024 yang dilakukan di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa malam.

"Dengan demikian, nomor urut pasangan calon presiden-wakil presiden untuk Pemilu 2024 adalah sebagai berikut, nomor urut satu untuk pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut dua untuk pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, nomor urut tiga untuk pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud Md," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.