Timnas diminta tak ulangi kesalahan individu saat melawan Filipina

id timnas indonesia,Shin Tae-yong,kontra,filipina,kualifikasi ,piala dunia,2026,zona asia

Timnas diminta tak ulangi kesalahan individu saat melawan Filipina

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memimpin latihan perdana di Filipina untuk kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua, Sabtu (18/11/2023). (ANTARA/Ho/PSSI)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memompa semangat tim asuhannya untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti dikalahkan Irak 1-5 pada laga perdana, Kamis (16/11) lalu saat melawan Filipina pada laga kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua, Selasa (21/11) mendatang.

Saat dikalahkan Irak yang merupakan tim peringkat 68 dunia dengan skor telak, tiga gol awal dari lima gol yang bersarang ke gawang Garuda adalah hasil kesalahan individual.

Oleh karenanya, saat memimpin latihan perdana di Filipina setelah dari perjalanan jauh dari Irak, Sabtu (18/11), Shin terus mengingatkan tim asuhannya untuk fokus agar dapat menghindari kesalahan individual melawan Filipina nanti.

“Jadi yang namanya sepak bola, bisa menang dan juga kalah, tetapi memang banyak faktor yang menyusahkan kita, mulai dari waktu, jet lag, dan lain-lain. Untuk itu saya mengingatkan kembali kepada para pemain, agar tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan seperti mulai dari gol pertama ke gol ketiga,” ucap Shin seperti dilansir laman resmi PSSI, Minggu.



“Kita kemasukan gol, jadi pemain pun paham, dan mengerti apa yang harus mereka lakukan sebelum melawan Filipina, jadi saya pun juga akan mempersiapkan pertandingan lebih baik, pastinya. Tentunya masyarakat bola Indonesia menantikan pertandingan berikutnya,” katanya.

Terkait laga melawan tim asuhan Michael Weiss itu, Shin melihat ada potensi merebut tiga poin. Hal ini dikarenakan tim peringkat 132 dunia tersebut pada laga perdana juga mengalami kekalahan saat dikalahkan Vietnam dengan skor 0-2 di kandang sendiri.

Juga, Filipina merupakan tim Asia Tenggara yang kerap ditemui di Piala AFF sehingga kekuatan mereka tidak beda jauh dan sudah diketahui sebelumnya.

“Tim Filipina sebelumnya kalah melawan Vietnam, jadi pastinya kami akan mempersiapkan tim ini lebih menyerang, agar kita memenangkan pertandingan nanti. Kita pun akan menyesuaikan situasi laga nanti dan tentu akan mempersiapkan tim dengan baik," ucap Shin.

Lebih lanjut, pelatih asal Korea Selatan itu memfokuskan latihan perdana di Filipina untuk pemulihan fisik dan adaptasi rumput lapangan Stadion Rizal Memorial, tempat berlangsungnya laga, yang berjenis sintesis.

“Seperti apa yang dilihat, rumputnya (Stadion Rizal Memorial) bukan asli, tetapi sintetis. Jadi kita fokus latihan pemulihan dan sekaligus latihan biar pemain cepat adaptasi dengan rumput sintetis,” ujar Shin.