Gregoria siapkan fisik prima jelang World Tour Finals

id Gregoria Mariska Tunjung,tunggal putri,indonesia,wtf

Gregoria siapkan fisik prima jelang World Tour Finals

Atlet bulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung mengembalikan kok ke arah lawan pada Kumamoto Masters 2023 di Jepang di babak semifinal, Sabtu (18/11/2023). (ANTARA/X/@INABadminton/pri.)

Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung mengatakan kekuatan pola pikir adalah salah satu hal penting untuk dipersiapkan beriringan dengan kondisi fisik yang prima jelang BWF World Tour Finals (WTF)  di Hangzhou, China, Desember.

Gregoria menilai, kedua hal tersebut menjadi penting mengingat format kompetisi BWF World Tour Finals berbeda dari turnamen-turnamen lainnya.

Jika turnamen BWF pada umumnya langsung memakai sistem gugur sejak putaran pertama, maka World Tour Finals akan diawali babak penyisihan grup menggunakan sistem round robin.

“Tahun lalu saya sudah pernah main juga (di World Tour Finals) dan satu grup sama An Se Young (Korea Selatan), Akane Yamaguchi (Jepang), dan Chen Yu Fei (China). Jadi buat saya, walaupun gim pertama menang, saya tetap harus fokus ke gim selanjutnya karena itu juga memengaruhi posisi kita di grup,” kata Gregoria saat ditemui di Jakarta, Senin.

“Dan kalau kalah juga tidak boleh langsung down karena besok juga harus langsung main lagi. Pastinya ini pengalaman yang bagus juga untuk saya, apalagi di Olimpiade (sistemnya) juga sama. Saya mau coba sebaik mungkin untuk mencapai posisi yang baik di grup,” ujarnya menambahkan.



Mengenai pola pikir, Gregoria menilai setiap atlet yang berkompetisi di ajang tersebut juga pasti memiliki caranya sendiri agar terus fokus, terlepas menang maupun kalah.

“Kalau pun kalah, sebaik mungkin tidak dipikirkan (terlalu lama) karena besoknya masih main lagi. Mau tidak mau harus mencari jalan keluarnya untuk bisa enjoy di setiap match,” kata Gregoria.

“Saat ini masih belum ada draw. Tapi saya ingin tampil dan mencari posisi yang baik di grup supaya bisa melaju ke semifinal,” ujarnya menambahkan.

Gregoria mengatakan sudah mulai berlatih sekaligus fokus dengan pemulihan kondisi telapak kakinya yang sempat cedera dan memengaruhi penampilannya di China Masters 2023 beberapa waktu lalu.

“Sabtu (25/11) kemarin sudah mulai latihan untuk mengembalikan kondisi fisik. Persiapan ini akan saya manfaatkan sebaik mungkin,” kata atlet asal Wonogiri tersebut.