DPRD Kalteng minta program pengentasan kemiskinan harus terus diperkuat

id Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Tengah, Sriosako, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, Kalimantan Tengah, kalteng

DPRD Kalteng minta program pengentasan kemiskinan harus terus diperkuat

Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Tengah Sriosako. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Tengah Sriosako mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, terus memperkuat dan lebih menggiatkan program maupun langkah nyata dalam menekan kemiskinan di wilayah ini.

Kemajuan suatu daerah tidak dapat dicapai secara utuh jika masih banyak masyarakat di wilayah setempat yang hidup dalam kondisi kemiskinan, kata Sriosako di Palangka Raya, kemarin.

"Itulah kenapa saya meminta kepada pemda di Kalteng terus memperkuat program kemiskinan di provinsi ini. Programnya pun harus benar-benar sesuai kondisi di lapangan dan berkelanjutan," tambahnya.

Menurut wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas itu, mensejahterakan masyarakat melalui upaya pengentasan kemiskinan bukan sekadar pilihan, melainkan kewajiban pemerintah. Bukan hanya pemerintah pusat, melainkan provinsi, kabupaten/kota hingga desa.

Sriosako mengatakan, pemerintah desa atau kepala desa pun sekarang ini sebenarnya juga dituntut untuk membuat program dan kegiatan yang mengarah kepada pengentasan kemiskinan. Sebab, pemerintah desa sekarang ini memiliki anggaran, baik itu alokasi dana desa (ADD) maupun dana desa, yang dapat dipergunakan untuk mengentaskan kemiskinan.

"Tinggal bagaimana program pemerintah pusat disinergikan dengan provinsi, kabupaten/kota hingga desa. Programnya pun harus nyata dan berkelanjutan," kata dia.

Baca juga: DPRD Kalteng minta BUMD jadi pilar utama peningkatan PAD

Politisi Partai Demokrat itu juga mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk pelaku usaha untuk turut berperan aktif dalam mewujudkan kesejahteraan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mendukung,mengawasi dan memberikan saran terkait program dalam mengentaskan kemiskinan.

"Kami dari DPRD Kalteng pun akan terus memberikan dukungan dan masukan bagaimana agar program pengentasan kemiskinan semakin optimal dilaksanakan oleh pemerintah di daerah ini," demikian Sriosako.

Baca juga: Ketua DPRD Kalteng: Pemilu dan Pilkada 2024 harus jurdil

Baca juga: Waket DPRD Kalteng minta dukungan ke pelaku IKM terus diperkuat

Baca juga: Pemda se-Kalteng diminta serius penuhi kebutuhan dasar masyarakat desa