Pemkot berikan hadiah laptop ke sejumlah koperasi di Palangka Raya

id KOperasi ,Palangka Raya,Hera Nugrahayu ,Pj wali Kota ,Penerima Laptop

Pemkot berikan hadiah laptop ke sejumlah koperasi di Palangka Raya

Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu (dua dari kanan) menyerahkan kepada Koperasi Bhakti Pengayom sebagai pemenang penilaian koperasi sehat yang dilaksanakan di lingkup pemkot setempat, Selasa (28/11/2023). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah memberikan sejumlah laptop bagi koperasi yang dinyatakan sehat dari beberapa kriteria yang telah ditentukan oleh Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kota setempat.

Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Selasa, mengatakan kriteria pemberian laptop kepada pengelola koperasi di daerah setempat memang memiliki ada beberapa kriterianya sehingga mereka mendapatkan hadiah tersebut dari instansi terkait.

"Pertama koperasi yang dinilai aktif, Rapat Anggota Tahunan (RAT) minimal dua tahun secara berturut-turut," katanya.

Kemudian, sambung Hera, usahanya bagus yang tolak ukurnya volume usaha, SHU (sisa hasil usaha), ada peningkatan aset nya ada dari peningkatan likuiditas.

Likuiditas tersebut salah satunya seperti tata kelola, kelembagaan, profil risiko, kinerja keuangan, permodalan dan manajemen.

"Status koperasi dinyatakan sehat apabila memenuhi beberapa pertimbangan seperti aspek permodalan, kualitas aktiva produktif, manajemen, efisiensi, likuiditas, kemandirian dan pertumbuhan serta jati diri dari koperasi itu sendiri," ungkapnya.

Ditambahkan orang nomor satu di lingkup Pemkot Palangka Raya itu, sebenarnya jumlah koperasi yang dinilai untuk mendapatkan hadiah laptop dari DPKUKMP Palangka Raya tersebut ada 11 koperasi.

Baca juga: BNF gelar Festival Anak Sebangau untuk tingkatkan kepedulian lingkungan

Diantara 11 koperasi enam kategori sehat, dua cukup sehat dan tiga dalam pengawasan tersebut kembali dilakukan penilaian untuk menerima hadiah tersebut.

"Setelah dilakukan penilaian dengan sistem rangking ada empat koperasi yang menang yakni pertama Koperasi Perikanan, Koperasi Sejahtera, Koperasi Harapan Jaya dan Koperasi Bhakti Pengayoman," demikian Hera.

berdasarkan pantauan di lapangan, keempat koperasi yang menerima hadiah laptop dari DPKUKMP Palangka Raya tersebut menyambut baik dan berharap ke depan hal seperti ini terus dilakukan, sehingga memacu untuk koperasi-koperasi lainnya menjadi koperasi yang sehat di Palangka Raya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya: Stok beras aman hingga Natal dan Tahun Baru 2024

Baca juga: Diskominfo Palangka Raya optimalkan layanan SP4N-LAPOR

Baca juga: Palangka Raya jadi rujukan Pemkot Malang atasi stunting