Pemkab Barsel studi tiru pengelolaan sampah ke Banyumas

id Pemkab Barselstudi tiru pengelolaan sampah ke Banyumas, kalteng, barsel, Barito Selatan, deddy wirawan

Pemkab Barsel studi tiru pengelolaan sampah ke Banyumas

Penjabat Bupati Barito Selatan, DR Deddy Winarwan bersama jajarannya saat kegiatan studi tiru mengenai pengelolaan sampah di Kabupaten Banyumas. ANTARA/HO-Dinas Kominfo Barito Selatan.

Buntok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah melaksanakan studi tiru pengelolaan sampah di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Penjabat Bupati Barito Selatan, DR Deddy Winarwan, di Purwokerto, mengatakan studi tiru yang dilaksanakan di kabupaten ini karena Banyumas merupakan salah satu kabupaten yang menjadi tempat rujukan dalam pengelolaan sampah.

"Kabupaten Banyumas merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang berhasil dalam melakukan pengelolaan sampah," katanya Deddy melalui siaran pers Dinas Kominfo Barito Selatan diterima di Buntok, Selasa.

Deddy beserta jajarannya dari Kabupaten Barito Selatan melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Banyumas untuk melihat secara langsung bagaimana inovasi yang digunakan dalam pengelolaan sampah.

Deddy Winarwan juga menyampaikan, inovasi terkait pengelolaan sampah yang telah didapatkan di Kabupaten Banyumas ini nantinya akan diterapkan di Kabupaten Barito Selatan.

"Itu dilakukan agar pengelolaan sampah di Barito Selatan kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi," ucap pria yang pria yang sudah mendapat gelar doktor ilmu kebijakan publik di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada 2012 lalu tersebut.

Sementara Penjabat Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Penjabat Bupati Barito Selatan beserta jajarannya yang telah menjadikan kabupaten ini sebagai tempat dilaksanakannya studi tiru mengenai pengelolaan sampah.

Baca juga: DPRD Barito Selatan ajak generasi muda lestarikan budaya daerah

"Pada prinsipnya, kami sangat terbuka dalam berbagi ilmu dan pengalaman dalam pengelolaan sampah yang sebelumnya menjadi salah satu permasalahan bagi pemerintah kabupaten Banyumas," terangnya.

Menurut Hanung, dulunya Kabupaten Banyumas memiliki permasalahan yang sama dengan daerah-daerah lainnya yang ada di Indonesia ini terkait dengan pengelolaan sampah.

Kemudian kata dia, setelah Pemerintah Kabupaten Banyumas membangun Pusat Daur Ulang (PDU) dan Tempat Penampungan Sementara (TPS) serta Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R) di sejumlah tempat, sehingga pengelolaan sampah di kabupaten ini dapat terkelola dengan baik.

"Sejumlah PDU, TPS dan TPS3R yang telah dibangun di sejumlah tempat tersebut dikelola oleh masing-masing Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)," jelas Hanung Cahyo Saputro.

Sedangkan untuk pemasukan bagi KSM itu sendiri lanjut dia, berasal dari iuran sampah dan dari penjualan hasil pengolahan sampah berupa barang-barang rongsokan yang masih bernilai ekonomis.

"Selain itu juga, pemasukan bagi KSM berasal dari sampah yang dijadikan sebagai bahan yang memiliki nilai ekonomis," tambah Hanung.

Studi tiru yang yang dilaksanakan pemerintah kabupaten Barito Selatan di Kabupaten Banyumas itu bersamaan dengan Pemerintah Kabupaten Pematang Siantar.

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Barito Selatan, DR Deddy Winarwan didampingi Asisten Perkonomian dan Pembangunan Setda Barsel, Rahmat Nuryadin, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Agus In'Yulius, Kepala DPUPR Barsel, DR Ita Minarni dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Baca juga: Komisi III DPRD Barsel minta pendirian BUMDes mengacu potensi daerah

Baca juga: DPRD Legislator Barsel minta program peningkatan kreatifitas pemuda terus dilaksanakan

Baca juga: DPRD apresiasi Pj Bupati Barsel raih penghargaan dari Wakil Presiden