Para tokoh agama di Palangka Raya diminta terus terlibat tingkatkan kerukunan

id Para tokoh agama Palangka Raya,Hera

Para tokoh agama di Palangka Raya diminta terus terlibat tingkatkan kerukunan

Pelantikan 10 Penjabat Bupati dan Wali Kota di Kalteng, Palangka Raya, Senin (25/9/2023). Gubernur Sugianto Sabran memasangkan atribut kepada Penjabat Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu. (ANTARA/Auliya Rahman)

Palangka Raya (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Hera Nugrahayu meminta para tokoh agama untuk meningkatkan kerukunan antarumat beragama di daerah ini.

"Kami minta seluruh tokoh agama untuk bersama-sama meningkatkan kebersamaan dan kerukunan. Kita saling menghormati dan menghargai dan pastikan Kota Palangka Raya tetap aman dan nyaman," kata Hera di Palangka Raya, Kamis.

Dia mengakui tokoh agama mendapat tempat tersendiri di hati umatnya masing-masing. Tingkat kepatuhan masyarakat terhadap tokoh agama juga cukup tinggi karena tokoh agama merupakan panutan masyarakat.

Nasihat para tokoh agama melalui pendekatan keagamaan dan kekeluargaan, jauh lebih mudah diterima dan dijalankan masyarakat. Untuk itulah para tokoh agama agar turut membantu pemerintah daerah dalam menjaga situasi dan kondisi di daerah.

"Kalau masyarakat kuat dalam hal agama, pemerintah dan masyarakat juga akan semakin kuat dan laju pembangunan juga akan pesat. Suara tokoh agama dengan mudah didengar oleh masyarakat, makanya kami meminta dibantu," katanya.

Ia mengingatkan agar semua pihak sama-sama mempertahankan suasana daerah yang kondusif. Situasi politik ke depan diperkirakan akan meningkat seiring akan dilaksanakannya Pemilu 2024.

Hera juga meminta masyarakat untuk selalu meningkatkan pengetahuan, ilmu dan keimanan serta ketaqwaan yang salah satunya dapat dilakukan melalui pengajian di majelis taklim dan tempat-tempat kajian keilmuan.

"Ini penting guna meningkatkan kualitas diri serta meningkatkan iman dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Saat orang yang takwa dan beriman maka kita juga akan mudah menerima dan menghargai perbedaan serta akan selalu menjaga keamanan dan kedamaian, karena sejatinya itulah yang diajarkan agama,” katanya.