Pemkab Kotim bersiap laksanakan lelang jabatan

id pemkab kotawaringin timur, bupati kotim halikinnor, sampit, kotim, kotawaringin timur, lelang jabatan kotim

Pemkab Kotim bersiap laksanakan lelang jabatan

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor saat memberikan sambutan pada acara pelantikan 123 pejabat di lingkungan setempat, Jumat (1/12/2023). (ANTARA/Devita Maulina)

Sampit (ANTARA) -
Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Halikinnor menyampaikan, pemerintah kabupaten bersiap melelang jabatan eselon II dengan harapan menghasilkan pejabat yang lebih baik dan sesuai kompetensi sesuai posisi.
 
“Untuk jabatan eselon II nanti ada yang saya lelang, supaya kita bisa memilih orang yang betul-betul mempunyai kompetensi,” jelas Halikinnor di Sampit, Jumat.
 
Hal ini ia sampaikan usai melantik dan mengambil sumpah jabatan 123 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, terdiri dari pejabat eselon III, eselon IV dan pejabat fungsional.
 
Dalam acara tersebut ia juga menyampaikan akan ada pelantikan tahap kedua melibatkan pejabat eselon II dalam waktu dekat. Pelantikan pejabat eselon II berhubungan dengan rencana pemerintah daerah merombak struktur organisasi perangkat daerah (OPD) setempat. 
 
“Pelantikan kali ini belum termasuk untuk keperluan operasional OPD baru hasil penggabungan maupun pemekaran, karena DPA-nya baru tersedia Januari 2024. Sehingga, nanti dilaksanakan pelantikan lagi untuk pengukuhan operasional OPD yang baru,” jelasnya.

Baca juga: Wabup Kotim imbau masyarakat waspada banjir saat puncak musim hujan
 
Diketahui Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur akan melakukan perombakan struktur OPD untuk efisiensi dan efektivitas pelayanan kepada masyarakat maupun dalam menjalankan program pemerintah daerah. Dalam perombakan struktur OPD ini ada dinas yang akan dimekarkan, tapi ada pula yang justru digabung.
 
Dinas yang akan dimekarkan tersebut adalah Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PUPRPRKP) yang nantinya akan dibagi dua, yakni Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, dan Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan.
 
Sementara itu, empat dinas lainnya akan digabung, antara lain Dinas Pertanian bergabung dengan Dinas Ketahanan Pangan, lalu Dinas Koperasi dan UMKM bergabung dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian.
 
Sehubungan dengan perombakan struktur OPD tersebut, pihaknya pun akan melantik pejabat yang akan menduduki posisi kepala dinas/badan melalui seleksi lelang jabatan.
 
Sementara itu, Pelaksana Tugas Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kotim Kamaruddin Makkalepu mengaku belum dapat memberikan keterangan terkait jadwal maupun petunjuk teknis lelang jabatan eselon II, karena masih menunggu arahan dari pimpinan.

Baca juga: Bupati Kotim awali Desember dengan mutasi 123 pejabat

Baca juga: Bupati Kotim usulkan pencabutan moratorium pembentukan BNNK

Baca juga: Dipercaya pimpin Organda Kotim, Budi Hariono janjikan pembenahan dan peningkatan