Disdik Palangka Raya ingatkan pelajar jaga kesehatan saat musim hujan

id Disdik Palangka Raya,Kalteng,Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya Aprae Vico Ranan,Palangka Raya

Disdik Palangka Raya ingatkan pelajar jaga kesehatan saat musim hujan

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya Aprae Vico Ranan (tengah) saat memimpin rapat di kantor Disdik setempat beberapa waktu lalu. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengingatkan kepada pelajar di daerah itu untuk menjaga kesehatannya saat musim penghujan.

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya Aprae Vico Ranan di Palangka Raya, Senin, mengatakan bahwa pada saat kondisi cuaca ekstrem yang melanda daerah setempat juga sedang berlangsung ujian semester sekolah.

"Makanya kami meminta kepada para orang tua peserta didik juga turut memperhatikan terkait kesehatan anaknya, jangan sampai mereka sakit apalagi cuaca saat ini sangat tidak bersahabat dan peserta didik juga melaksanakan ujian semester sekolah," kata Vico.

Dia menuturkan, memang sejak minggu ketiga November 2023 cuaca Kota Palangka Raya sudah ekstrem bahkan juga sudah ada peserta didik kita di sejumlah sekolah yang tidak hadir karena sakit.

Baik itu mengalami batuk, pilek dan demam hal itu diakibatkan karena cuaca berubah-ubah sangat cepat sehingga daya tahan tubuh peserta didik saat berada di luar rumah mudah terserang penyakit.

"Alangkah baiknya para orang tua menjaga pola makan, jam bermain di rumah dengan tujuan mencegah agar mereka tidak sakit," ucapnya.

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya juga menambahkan, seperti hari ini dari pukul 07.00 sampai 12.30 WIB Kota Palangka Raya diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.

Akibat guyuran hujan, ia juga meminta kepada pihak sekolah untuk menjaga kebersihan sekolah. Karena kalau usai hujan dan kebersihan sekolah tidak dijaga takutnya akan muncul wabah.

"Salah satunya wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) yang bisa bersarang di botol plastik akibat genangan air serta selokan-selokan tempat pembuangan limbah sekolah," demikian Vico.