Penjabat Wali Kota: Koperasi harus beradaptasi hadapi tantangan ekonomi

id Penjabat Wali Kota: Koperasi harus beradaptasi hadapi tantangan ekonomi, kalteng, Palangka raya, hera, ekonomi

Penjabat Wali Kota: Koperasi harus beradaptasi hadapi tantangan ekonomi

Penjabat Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu (dua dari kanan) menyerahkan kepada Koperasi Bhakti Pengayom sebagai pemenang penilaian koperasi sehat yang dilaksanakan di lingkup pemkot setempat. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) Hera Nugrahayu mengatakan koperasi harus beradaptasi dalam menghadapi perkembangan dan tantangan ekonomi.

"Keberadaan koperasi diharapkan dapat terus bertransformasi untuk lebih adaptif dan tangguh, serta siap dalam menghadapi segala tantangan ke depan," kata Hera di Palangka Raya, Selasa.

Untuk itu, menurut dia, sangat penting untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pengurus koperasi yang kreatif dan inovatif itu, adalah merupakan salah satu indikator dari keberhasilan program transformasi koperasi.

“Pemkot Palangka Raya akan terus mendorong peningkatan kualitas SDM koperasi dengan berbagai pelatihan, sehingga koperasi dapat memiliki peran adaptif dan tangguh dalam menjawab tantangan global, serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Pernyataan itu diungkapkan Hera saat menyerahkan hadiah koperasi predikat sehat se-Kota Palangka Raya yang dilaksanakan di lingkungan kantor Wali Kota Palangka Raya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya tarik sewa pertokoan milik pemerintah untuk tingkatkan PAD

Hera pun berpesan kepada koperasi berprestasi yang telah menerima hadiah tersebut agar lebih giat dan termotivasi atas prestasi yang diperoleh.

“Diharapkan koperasi yang berprestasi dapat menjadi motivator kepada koperasi yang belum mendapatkan prestasi. Sehingga koperasi di Kota Palangka Raya ke depan bisa lebih adaptif dan tangguh,” katanya.

Hera menerangkan, sebenarnya jumlah koperasi yang dinilai untuk mendapatkan hadiah laptop dari Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya tersebut ada 11 koperasi.

Diantara 11 koperasi enam kategori sehat, dua cukup sehat dan tiga dalam pengawasan tersebut kembali dilakukan penilaian untuk menerima hadiah tersebut.

"Setelah dilakukan penilaian dengan sistem rangking ada empat koperasi yang menang yakni pertama Koperasi Perikanan, Koperasi Sejahtera, Koperasi Harapan Jaya dan Koperasi Bhakti Pengayoman," demikian Hera.

Baca juga: Penjabat Wali Kota pastikan peserta BPJS Ketenagakerjaan bertambah

Baca juga: DPKUKMP gelar Operasi Pasar antisipasi inflasi jelang Natal-Tahun Baru

Baca juga: Diskominfo Palangka Raya tingkatkan kinerja pelayanan informasi publik