Penjabat Wali Kota berkomitmen perjuangkan kesejahteraan guru

id PenjabatWali Kota berkomitmen perjuangkan kesejahteraan guru, kalteng, Palangka raya, hera, pendidikan

Penjabat Wali Kota berkomitmen perjuangkan kesejahteraan guru

Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di halaman kantor wali kota setempat, belum lama ini. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) Hera Nugrahayu berkomitmen untuk memperjuangkan peningkatan kesejahteraan para guru di daerah setempat.

"Kami akan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan guru, baik yang PNS maupun non-PNS, melalui berbagai program dan kebijakan,” kata Hera di Palangka Raya, Selasa.

Hera menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kontribusi guru dalam mencerdaskan dan membentuk karakter generasi muda Palangka Raya. Menurutnya, guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang pantas mendapatkan penghargaan dan perlindungan dari negara.

Hera menambahkan, pemerintah daerah juga akan terus memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan, termasuk menyediakan fasilitas internet dan teknologi informasi yang memadai untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah.

Ia berharap hal ini dapat membantu guru dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar yang lebih efektif dan inovatif.

“Kami sadar bahwa tantangan pendidikan di era digital ini semakin besar dan kompleks. Oleh karena itu, kami mengajak seluruh guru untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tutupnya.

Baca juga: Penjabat Wali Kota luncurkan Media Center Isen Mulang Palangka Raya

Saat ini Pemkot Palangka Raya juga terus berupaya meningkatkan kompetensi guru yang ada di daerah setempat, sehingga kualitas pendidikan di daerah setempat terus meningkat.

Hera mengatakan, peningkatan kompetensi guru tentunya tidak hanya dilakukan terhadap guru-guru yang berada di perkotaan saja, melainkan guru-guru yang jauh dari perkotaan juga dilibatkan.

"Maka dari itu komitmen untuk meningkatkan SDM terhadap guru juga terus dilakukan oleh Disdik setempat," kata Hera.

Ia menuturkan, meningkatkan kualitas guru dengan mendorong guru melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi, mengikuti pelatihan yang menunjang kualitas guru, aktif melakukan penelitian, menciptakan budaya organisasi pembelajaran dan Gerakan Guru Membaca (G2M).

"Juga melalui peningkatan kompetensi guru dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain melalui kualifikasi akademik guru, pendidikan dan pelatihan, uji sertifikasi, memberi kesempatan perbaikan pembelajaran," katanya.

Baca juga: Disdik dorong perkembangan guru penggerak di Palangka Raya

Baca juga: Pemkot buka pasar penyeimbang untuk cegah inflasi di Palangka Raya

Baca juga: Penjabat Wali Kota: Koperasi harus beradaptasi hadapi tantangan ekonomi