Penjabat Wali Kota luncurkan Media Center Isen Mulang Palangka Raya

id Penjabat Wali Kota luncurkan Media Center Isen Mulang Palangka Raya, kalteng, Palangka raya, Diskominfo

Penjabat Wali Kota luncurkan Media Center Isen Mulang Palangka Raya

Penjabat Wali Kota luncurkan Media Center Isen Mulang Palangka Raya, Selasa (5/12/2023). ANTARA/Rendhik Andika

Sampit (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) Hera Nugrahayu secara resmi meluncurkan Media Center Isen Mulang yang dikelola Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) sebagai pusat penyebaran informasi program pemerintah setempat.

"Saya berharap dengan peresmian ini Diskominfo semakin maksimal dalam mengelola layanan bidang informasi sehingga penyebaran informasi, kebijakan dan capaian  program pemerintah semakin masif," kata Hera di Palangka Raya, Selasa.

Dia juga meminta Diskominfo Kota Palangka Raya menjadi koordinator dan penyaring penyebaran informasi terutama yang disampaikan jajaran pemerintah kota setempat.

"Sehingga, setiap informasi yang disampaikan disampaikan secara benar dan berimbang serta profesional. Serta terus mengedepankan kode etik dalam jurnalistik," katanya.

Hera juga meminta jajaran Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) baik dinas, badan, kecamatan, kelurahan menyampaikan capaian dan program kerja melalui Media Center Isen Mulang.

"Di sini peran kominfo untuk mengkoordinasi hal tersebut serta menyaring informasi yang disampaikan. Tujuannya setiap pesan yang disampaikan tetap utuh, masif dan berimbang," katanya.

Baca juga: Disdik dorong perkembangan guru penggerak di Palangka Raya

Apalagi, lanjut dia, saat ini telah masuk dalam tahapan Pemilihan Umum yang sangat rentan terjadi penyebaran informasi yang tidak sahih, bias, bernada provokasi, berita bohong bahkan terkait isu SARA yang mengancam persatuan dan kesatuan.

"Untuk itu, Media Center sebagai ujung tombak penyebaran informasi Pemerintah Kota juga menangkal dan meluruskan setiap informasi yang bernada negatif tersebut," katanya.

Kepala Diskominfo Kota Palangka Raya Saipullah selaku pencetus kegiatan tersebut mengatakan, selama ini Media Center telah mendapatkan penghargaan tingkat nasional dalam kategori penyebaran informasi publik.

Pernyataan itu diungkapkan saat peluncuran Media Center Isen Mulang dan Sosialisasi surat keputusan wali kota tentang pembentukan Media Center Isen Mulang di lingkungan kantor Diskominfo setempat.

"Kami juga akan terus mendorong seluruh jajaran Pemerintah Kota Palangka Raya menyampaikan program kerja dan capaiannya sebagai bagian untuk meningkatkan keterbukaan publik masyarakat," kata Saipullah.

Dia pun berharap, Media Center Isen Mulang ini juga menjadi pusat edukasi dan diskusi antara unsur pemerintah dan juga jurnalis untuk menyamakan persepsi dan masukan terhadap program yang dilaksanakan pemerintah.

Baca juga: Pemkot buka pasar penyeimbang untuk cegah inflasi di Palangka Raya

Baca juga: Persipal kubur impian Kalteng Putra lolos ke 12 besar Liga 2

Baca juga: Pemkot Palangka Raya fokus tangani kemiskinan ekstrem