Pj Wali Kota Palangka Raya: Guru harus mampu tingkatkan kompetensi secara mandiri

id Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kalteng, Hera Nugrahayu, Palangka Raya, kalteng

Pj Wali Kota Palangka Raya: Guru harus mampu tingkatkan kompetensi secara mandiri

Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu. ANTARA/HO-Dokumentasi Paribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) Hera Nugrahayu mengingatkan sekaligus meminta kepada para guru yang ada di wilayah setempat, agar secara mandiri juga dapat meningkatkan kompetensi guna menghadapi kemajuan dan perkembangan zaman.

Guru harus mampu beradaptasi dan meningkatkan kompetensinya sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman, kata Hera di Palangka Raya Rabu.

"Kami akan terus melaksanakan program pengembangan SDM guru. Namun para pendidik juga harus mampu mengembangkan dirinya secara mandiri," ucapnya.

Dia mengatakan, dunia pendidikan saat ini menghadapi tantangan yang sangat besar, yaitu perubahan yang cepat dan dinamis di tengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat.

Hera menambahkan, pemerintah kota Palangka Raya terus berupaya memberikan dukungan dan fasilitas kepada guru untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan berbagai program pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik, profesionalisme, sosial dan kepribadian guru.

"Kami berharap, para guru dapat menguasai berbagai metode, strategi dan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa," tutupnya

Hera juga berkomitmen untuk memperjuangkan peningkatan kesejahteraan para guru di daerah setempat.

"Kami akan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan guru, baik yang PNS maupun non-PNS, melalui berbagai program dan kebijakan,” kata Hera di Palangka Raya, Selasa.

Baca juga: BPBD Palangka Raya evakuasi pohon tumbang dampak hujan disertai angin kencang

Hera menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kontribusi guru dalam mencerdaskan dan membentuk karakter generasi muda Palangka Raya. Menurutnya, guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang pantas mendapatkan penghargaan dan perlindungan dari negara.

Dia menambahkan, pemerintah daerah juga akan terus memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan, termasuk menyediakan fasilitas internet dan teknologi informasi yang memadai untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah.

"Kami berharap hal ini dapat membantu guru dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar yang lebih efektif dan inovatif," demikian Hera.

Baca juga: Pj Wali Kota Palangka Raya minta guru mampu tingkatkan kompetensi secara mandiri

Baca juga: Pj Wali Kota Palangka Raya: Perkuat mitigasi untuk cegah bencana

Baca juga: Penjabat Wali Kota berkomitmen perjuangkan kesejahteraan guru