Pj Wali Kota Palangka Raya: Perkuat mitigasi untuk cegah bencana

id Pj Wali Kota Palangka Raya,Hera Nugrahayu,mitigasi bencana ,Palangka Raya,Kalteng,BMKG

Pj Wali Kota Palangka Raya: Perkuat mitigasi untuk cegah bencana

Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu saat di Kantor Pusat BMKG beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Rendhik Andika (ANTARA) - Pj Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) Hera Nugrahayu mengatakan pihaknya terus memperkuat upaya mitigasi guna meningkatkan antisipasi bencana di daerah setempat.

"Setiap musim kemarau dan musim hujan, maka potensi ancaman bencana seperti kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan banjir rawan terjadi di Kota Palangka Raya," kata Hera di Palangka Raya, Rabu.

Berkaca dari itulah jajaran Pemerintah Kota Palangka Raya terus memperkuat pengetahuan mitigasi.

Baca juga: Penjabat Wali Kota berkomitmen perjuangkan kesejahteraan guru

"Salah satunya, melakukan kunjungan kerja ke Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pusat, Jalan Angkasa I Nomor 2 Kemayoran, Jakarta Pusat belum lama ini," kata Hera.

Dia menerangkan, kunjungan itu =dalam rangka memperdalam mitigasi pengendalian bencana karhutla yang berbasis sistem peringatan dini di wilayah Kota Palangka Raya.

Menurut Pj Wali Kota, upaya mengurangi risiko bencana sangat diharapkan mampu dilakukan oleh pemerintah, bersama-sama dengan masyarakat.

Baca juga: Penjabat Wali Kota: Koperasi harus beradaptasi hadapi tantangan ekonomi

“Bahkan semua orang baik individu maupun kelompok, dapat bertindak sesuai peran masing-masing untuk mengurangi risiko bencana,” jelasnya.

Sementara itu tambah Hera, terkait kunjungan pihaknya ke Kantor BMKG Pusat tersebut, tentu menjadi bagian dari upaya dini Pemkot Palangka Raya dalam mencegah risiko bencana. Terutama kesiapan dalam penanggulangan dampak bencana, seperti bencana karhutla.

Baca juga: Penjabat Wali Kota minta Korpri tingkatkan kinerja dalam melayani masyarakat

Adapun dalam kunjungan tersebut Pj Wali Kota bersama jajarannya diterima langsung oleh Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto beserta jajarannya.

Acara pertemuan kunjungan dilaksanakan di ruang rapat lantai 1 Gedung A BMKG. Tampak dalam pertemuan itu dihadiri Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama BMKG Pusat, Plt Kepala BPPD Kota Palangka Raya serta jajaran terkait lainnya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya terus berupaya tingkatkan kompetensi guru

Baca juga: Penjabat wali kota minta guru berinovasi dalam mendidik siswa

Baca juga: Pemkot Palangka Raya upayakan peningkatan infrastruktur Danau Tundai

Baca juga: Pemkot subsidi ongkos angkut bahan pangan di Palangka Raya