Penjabat wali kota minta guru berinovasi dalam mendidik siswa

id Penjabat wali kota minta guru berinovasi dalam mendidik siswa, kalteng, Palangka raya, hera

Penjabat wali kota minta guru berinovasi dalam mendidik siswa

Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu saat upacara peringatan hari guru beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-Diskominfo Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Hera Nugrahayu meminta para guru di wilayah setempat terus berinovasi dalam mengajar dan mendidik siswa.

"Guru harus menjaga semangat kesatuan tekad untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia. Oleh karena itu, harus terus bersemangat untuk melaju ke depan, dengan derap langkah serentak melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” kata Hera di Palangka Raya.

Menghadapi perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, para guru juga harus terus berkreasi dan berinovasi sehingga metode pendidikan yang disampaikan pada siswa sesuai dengan dinamika di lapangan.

"Apalagi di tengah perkembangan kemajuan zaman ini, dunia pendidikan juga menghadapi tantangan yang tidak mudah. Untuk itu diperlukan semangat untuk terus maju bagi pada guru," katanya.

Hera juga meminta PGRI sebagai organisasi profesi guru, pendidik, dan tenaga kependidikan telah tumbuh menjadi kekuatan moral intelektual dalam memperjuangkan peningkatan harkat martabat anggotanya.

Baca juga: 34 pelaku UMKM di Palangka Raya terima sertifikat keamanan pangan

"Untuk itu, PGRI untuk terus menjaga kemitraan yang strategis dan konstruktif dengan pemerintah daerah dan menjadi wadah aspirasi para anggotanya dalam meningkatkan harkat martabat guru untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional," kata Hera.

Sebelumnya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim optimistis gerakan Merdeka Belajar akan terus berlanjut meski pemimpin Kemendikbudristek nantinya berganti.

Menurut Nadiem, kesediaan para guru untuk hadir dan mengikuti acara ini menunjukkan bahwa gerakan Merdeka Belajar akan berumur panjang meski nantinya pemimpin Kemendikbudristek akan berganti.

Ia berpesan agar para guru dapat meneruskan tongkat estafet berbagai praktik baik Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka yang sudah diterapkan di lebih dari 80 persen satuan pendidikan di Indonesia.

“Mari kita terus lanjutkan langkah serentak kita untuk meneruskan gerakan Merdeka Belajar,” kata Nadiem.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya tingkatkan fasilitas di puskesmas pembantu

Baca juga: Dinkes Palangka Raya edukasi Germas pada siswa SD

Baca juga: Kelurahan Kalampangan laksanakan Program "Grebek Stunting"