Ketua DPRD Barut harapkan peran masyarakat membangun daerah

id mery rukaini,ketua dprd,barut,barito utara,kalteng

Ketua DPRD Barut harapkan peran masyarakat membangun daerah

Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini dan Pj Sekda Barito Utara Jufriansyah menghadiri forum konsultasi publik rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Kabupaten Barito Utara 2025-2045 di Muara Teweh, Selasa (12/12/2023).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini mengharapkan peran dari seluruh lapisan masyarakat di daerah ini untuk membantu berkembangnya daerah, dengan turut bergotong royong membangun daerah bersama pemerintah, diharapkan hasilnya juga akan lebih baik.

Adanya penyusunan awal penyusunan rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Kabupaten Barito Utara 2025-2045 untuk mematangkan kemajuan dan perkembangan daerah untuk jangka waktu yang tidak terkira.

"Dengan adanya RPJPD ini juga dirasa dapat memberikan waktu efisien untuk melakukan perencanaan pembangunan wilayah Barito Utara ke depan," kata Mery di Muara Teweh, Selasa.

Ketua Dewan juga mengatakan bahwa penyusunan awal RPJPD Kabupaten Barito Utara merupakan penjabaran dari visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 tahun ke depan.

"Konsultasi publik rancangan awal ini merupakan bagian dari beberapa tahapan penyusunan RPJPD yang dilaksanakan secara berjenjang menurut pemerintahan," katanya. 

Dimulai persiapan penyusunan RPJPD, penyusunan rancangan RPJPD, pelaksanaan musrenbang RPJPD, perumusan rancangan akhir RPJPD, dan penetapan RPJPD sebagaimana tercantum dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

"Saya juga mengajak kepada semua pihak agar ikut ambil bagian dalam merumuskan visi, misi, sasaran pokok dan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Barito Utara untuk 20 tahun ke depan," kata Mery.  

Untuk itu, katanya, perlu kerja keras bersama dimulai dengan merumuskan cita-cita dan harapan terhadap pembangunan di Kabupaten Barito Utara yang akan bermanfaat bagi Kabupaten Barito Utara sampai dengan 20 tahun yang akan datang. 

“Walaupun nantinya kita yang ada di sini nantinya tidak menjabat lagi, tetapi minimal kita sudah dapat mengetahui kemana arah pembangunan Kabupaten Barito Utara sampai 20 tahun yang akan datang,” jelas Mery Rukaini.