Sambut Nataru, Pemprov Kalteng giatkan operasi pasar selama Desember

id pemprov kalteng, dishanpang kalteng, pasar penyeimbang, operasi pasar, pengendalian inflasi, natal dan tahun baru, nataru, kalteng, kalimantan tengah

Sambut Nataru, Pemprov Kalteng giatkan operasi pasar selama Desember

Dishanpang Kalteng melaksanakan pasar penyeimbang di Kelurahan Sei Gohong, Kecamatan Bukit Batu, Palangka Raya, Selasa (19/12/2023). (ANTARA/HO-Dishanpang Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menggiatkan operasi pasar selama Desember 2023 melalui pelaksanaan pasar penyeimbang dalam rangka Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.
 
"Pasar penyeimbang yang kami lakukan pada Desember 2023 ini mencapai 12 kali kegiatan yang tersebar di berbagai kabupaten dan kota," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpang) Kalimantan Tengah, Riza Rahmadi di Palangka Raya, Selasa.
 
Riza menyampaikan pelaksanaan 12 kali pasar penyeimbang ini di antaranya di sejumlah kelurahan di Kota Palangka Raya, Kabupaten Barito Selatan, Kotawaringin Timur, serta lainnya.
 
Selama pelaksanaan kegiatan jumlah komoditas yang dialokasikan, yakni beras premium sekitar 100 ton beras SPHP 25 ton, gula pasir 3.500 kilogram, bawang merah 1.200 kilogram, bawang putih 800 kilogram, minyak goreng 4.000 liter kemasan, serta telur ayam ras 1.200 tray.
 
"Selain untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat saat Natal dan Tahun Baru 2024, kegiatan ini juga sebagai upaya pengendalian inflasi maupun stabilisasi harga pangan strategis," jelasnya.

Baca juga: Sekda Kalteng serukan ASN terus aktualisasikan sikap bela negara
 
Dia mengatakan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) untuk tingkat inflasi mengacu kota sampel di Kalimantan Tengah yakni Palangka Raya adalah 2,58 persen per November 2023 (yoy) dan Sampit 2,57 persen (yoy).
 
"Melihat dari data tersebut, tingkat inflasi daerah kita masih dalam kategori terkendali," ucapnya.
 
Sementara itu untuk pelaksanaan pasar penyeimbang hari ini dilaksanakan di Kelurahan Sei Gohong, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya.
 
Dalam kegiatan ini sejumlah pangan strategis disediakan untuk masyarakat, meliputi beras premium 2.000 kilogram, beras SPHP 500 kilogram, gula pasir 350 kilogram, minyak kemasan 350 liter, bawang merah 60 kilogram, bawang putih 60 kilogram, serta telur ayam ras 70 tray.
 
Harga jual dalam pasar penyeimbang ini yakni beras premium Rp60 ribu per lima kilogram, beras SPHP Rp55 ribu per lima kilogram, bawang merah Rp28 ribu per kilogram, bawang putih Rp32 ribu per kilogram, gula pasir Rp17 ribu per kilogram, minyak goreng kemasan Rp15.500 per liter dan telur Rp50 ribu per tray.

Baca juga: Kalteng raih tiga terbaik nasional Anugerah BBI dan BBWI

Baca juga: Gubernur Kalimantan Tengah gratiskan 3.700 paket sembako pada pasar penyeimbang

Baca juga: Bandara Tjilik Riwut sediakan posko monitoring optimalkan layanan selama periode Nataru