Ganjar Pranowo jamin pengkritik dirinya aman dan tidak akan 'hilang'

id Ganjar Pranowo ,capres

Ganjar Pranowo jamin pengkritik dirinya aman dan tidak akan 'hilang'

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (bawah kiri) saat di-roasting oleh komika atau pelawak tunggal Dani Aditya (kanan kiri) di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (23/12/2023). (ANTARA/Rio Feisal)

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjamin orang-orang yang mengkritik dirinya akan aman dan tidak akan hilang.

"Tenang-tenang, aman kok di sini. Saya kalau dikritik, ngamanin yang ngritikkok, pasti enggak mungkin hilang," kata Ganjar saat dirinya diolok (roasting) dalam sebuah acara di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta, Kamis (21/12).

Ganjar pun mengingatkan agar para pejabat tidak terbawa perasaan atau baper saat dikritik, termasuk di-roasting oleh para komika.

"Tetapi benar juga, sih, ketika kami mendapatkan cerita-cerita dengan gaya roasting, ini kan gaya bercanda. Jadi, satu pesannya, tidak boleh baper. Kedua, bisa masuk ke dalam alam bawah sadar bahwa, oh, ini toh yang dimaui (rakyat)," kata Ganjar.

Baca juga: Gibran urutan pertama paparkan visi misi pada debat Pilpres 2024

Mantan gubernur Jawa Tengah itu juga mengingatkan bahwa setiap warga negara Indonesia berhak mengkritik pemerintah. Namun, yang tidak boleh dilakukan pemerintah adalah "memeriksa" orang yang mengkritik.

"Jadi, ternyata siapa pun bisa memberikan catatan apa pun, bisa memberikan kritik apa pun, dengan cara apa pun. Hal yang tidak boleh adalah ketika dia mengekspresikan, ketika dia mengkritik, diperiksa. Itu enggakboleh," jelas Ganjar.

Menurut Ganjar, kritik merupakan suatu hal biasa dalam dunia modern dengan demokrasi yang berjalan baik. Akan tetapi, kritik yang disampaikan harus memperhatikan agar tidak menyakiti.

"Mungkin yang perlu diperhatikan adalah tidak menyakiti. Kritiklah kebijakannya, tetapi jangan, maaf, ya, fisiknya, terus kemudian sukunya, agamanya, golongannya. Saya kira itu menjadi barrier (batasan) yang mungkin orang jangan ditembus dong yang itu. Tetapi, kalau mengkritik kebijakannya, menurut saya, boleh-boleh saja," jelasnya.

Baca juga: Ganjar ingatkan masyarakat hati-hati bercanda soal nomor urut Pilpres

Sebelumnya, seorang komika Dani Aditya mengaku takut menyampaikan kritik saat mengolok Ganjar di acara tersebut.

"Saya takut, sumpah. Saya mau ngomong, takut. Pak Ganjar pernah bilang enggak apa kritik saya, asal mau dikritik balik. Jujur, saya takut ini, Pak," kata Dani dengan disambut riuh penonton yang hadir.

KPU RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.