HUT Kotim jadi momentum menggerakkan UMKM

id HUT Kotimjadi momentum menggerakkan UMKM, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pemkab kotim, ekonomi

HUT Kotim jadi momentum menggerakkan UMKM

Prosesi potong kue dalam acara syukuran HUT ke-71 Kotim yang digelar Kelurahan Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Rabu (17/1/2024). ANTARA/Devita Maulina.

Sampit (ANTARA) - Kelurahan Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang menggelar acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, seraya menggelar bazar untuk membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Kegiatan ini adalah inisiatif kami sendiri, kami menggelar syukuran untuk merayakan hari jadi Kotim yang ke-71,” kata Lurah Mentawa Baru Hulu, Abdul Kadir di Sampit, Rabu.

Sepuluh hari telah berlalu sejak tanggal HUT ke-71 Kotim, tepatnya 7 Januari 2024, namun pihaknya tetap ingin merayakan hari yang bersejarah tersebut.

Kadir menjelaskan, ide untuk menggelar acara syukuran dan bazar UMKM ini bermula ketika ia melihat HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang dirayakan cukup meriah, baik tingkat nasional, provinsi, kabupaten, bahkan desa dan kelurahan. Sedangkan, ketika HUT Kotim beberapa waktu lalu euforia yang sama tidak ia rasakan.

“Makanya, kami menggelar acara ini. Kalau HUT RI bisa dirayakan dari tingkat nasional hingga kabupaten, mengapa tidak HUT kabupaten dirayakan hingga ke tingkat kelurahan dan desa, bahkan kalau bisa sampai tingkat RT,” tuturnya.

Idenya untuk menggelar perayaan HUT ke-71 Kotim itu pun mendapat dukungan dari jajarannya di kelurahan, bahkan dari sejumlah perbankan dan perusahaan swasta.

Baca juga: Peresmian kantor Kecamatan Bukit Santuai simbol komitmen peningkatan pelayanan publik

Adapun, acara perayaan HUT ke-71 Kotim yang digelar Kelurahan Mentawa Baru Hulu itu juga diisi dengan pemeriksaan kesehatan gratis dan bazar UMKM. Ia ingin agar masyarakat sekitar bisa merasakan manfaat dari adanya kegiatan tersebut, salah satunya dengan mendapat layanan kesehatan gratis.

“Kami juga melibatkan pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, sebagai salah satu upaya kami membantu promosi produk-produk unggulan mereka,” ujarnya.

Kadir berharap dengan acara yang pihaknya gelar bisa menginspirasi kelurahan dan desa lainnya agar bersama-sama memeriahkan hari jadi Bumi Habaring Hurung tersebut.

Sementara itu, Camat Mentawa Baru Ketapang, Irpansyah mengapresiasi kegiatan yang digelar Kelurahan Mentawa Baru Hulu. 

Ia juga menanggapi adanya pemeriksaan kesehatan gratis dalam acara tersebut yang dinilai positif, karena sebagai generasi yang turut mengisi pembangunan dan melayani masyarakat, jajaran kelurahan setempat harus selalu dalam kondisi sehat dan fit.

“Dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini kita bisa mendapat deteksi dini terkait kondisi kesehatan kita, misalnya kalau mengalami darah tinggi supaya bisa langsung berobat, karena sebagai generasi yang mengisi pembangunan kita dituntut selalu sehat,” ujarnya.

Begitu pula dengan adanya bazar, menurut Irpansyah dengan pemberdayaan UMKM seperti ini Kelurahan Mentawa Baru Hulu turut andil dalam mendorong peningkatan dan kemajuan UMKM lokal.

Baca juga: DLH jelaskan penyebab penumpukan sampah di depo dekat SMPN 3 Sampit

Baca juga: BMKG Kotim: Waspada gelombang tinggi dampak Siklon Tropis Anggrek

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Unggul Lestari raih penghargaan peduli penanganan karhutla