Anggota Pramuka antusias kunjungi Disarpustaka Kapuas

id disarpustaka kapuas, perpustakaan kapuas, pramuka, kuala kapuas, kapuas, literasi, numerasi, suwarno muriyat

Anggota Pramuka antusias kunjungi Disarpustaka Kapuas

Sejumlah pelajar yang tergabung di Gerakan Pramuka Kabupaten Kapuas, antusias mengambil buku baca yang di sediakan Dinas Sarpustaka Kapuas, Rabu (17/1/2024). (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Sejumlah pelajar yang tergabung dalam Gerakan Kwatir Cabang Pramuka Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah tampak antusias mengambil buku bacaan yang telah disediakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.
 
“Mereka (Pramuka) ini datang ke Dinas Sarpustaka Kapuas, dalam rangka melaksanakan latihan gabungan sekaligus melakukan kunjungan ke perpustakaan,” kata Kepala Dinas Sarpustaka Kapuas, Suwarno Muriyat di Kuala Kapuas, Rabu.
 
Dinas Sarpustaka telah menyediakan sejumlah buka baca biasa maupun digital yang bisa diakses di ruang baca maupun mobil perpustakaan keliling.
 
Selain itu, di bidang kearsiapan juga menampilkan secara khusus kepada peserta tentang pengelolaan arsip dan salah satunya adalah pengelolaan Srikandi Arsip surat-menyurat tanpa kertas.
 
“Sehingga dengan adanya kegiatan pada hari ini, Pramuka Penggalang, dan Penegak se-Kabupaten Kapuas, mengetahui tupoksi dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan,” terangnya.

Baca juga: Musrenbang desa di Kapuas diharapkan sejalan program prioritas pemerintah
 
Salah satu pelatih Pusdiklat Kwatir Cabang Pramuka Kapuas, Mas Muntoha mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan di Dinas Sarpustaka kabupaten setempat bertujuan untuk mengenalkan ilmu pengetahuan, terutama tentang kearsipan dan perpustakaan.
 
“Dimana saat ini di dunia pendidikan lagi digalakkan tentang literasi dan numerasi. Literasi ini sangat penting sekali membuka wawasan terutama bagi adik-adik anggota pramuka untuk lebih menguasai, mengetahui dan memahami tentang ilmu pengetahuan,” jelasnya.
 
Menurutnya, di Kantor Disarpustaka inilah salah satu bagian strategis dari gudang ilmu yang dikenalkan kepada anggota Pramuka agar semakin mencintai dan gemar membaca, meningkatkan literasi dan numerasinya.
 
“Sehingga betul-betul nanti diharapkan generasi penerus bangsa lewat gerakan Pramuka bisa menjadi manusia tangguh, budi pekerti luhur dan beriman serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” demikian Mas Muntoha.