Musrenbang desa di Kapuas diharapkan sejalan program prioritas pemerintah

id Musrenbang desa di Kapuas diharapkan sejalan program prioritas pemerintah, kalteng, kapuas

Musrenbang desa di Kapuas diharapkan sejalan program prioritas pemerintah

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan menerima cendramata dari Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tabalong, usai kunjungan kerja di Dinas PMD setempat, Senin (8/1/2024). ANTARA/HO-Dinas PMD Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Budi Kurniawan, meminta kepada seluruh kepala desa di daerah setempat, agar usulan prioritas yang diajukan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dapat sejalan dengan program daerah maupun nasional.

“Baik itu usulan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan maupun lainnya,” kata Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Rabu.

Menurut Budi, sangat penting usulan dalam Musrenbang Desa disinergikan dengan program pemerintah daerah maupun nasional, sehingga sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan sejalan dengan baik, yang diharapkan akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar.

Dia juga berharap, anggaran yang didapat oleh desa agar bisa dipergunakan dengan baik untuk kepentingan desa setempat. Semua harus diprogramkan kegiatannya yang betul-betul menyentuh kepentingan masyarakat setempat.

Baca juga: Pj Bupati minta HUT Kapuas lebih melibatkan masyarakat

“Jangan sampai dana yang cukup besar itu didapat dipergunakan untuk kegiatan yang tidak bermanfaat bagi desa itu sendiri,” katanya.

Kepala desa juga diimbau dapat memberi informasi kepada masyarakat tentang keterbatasan kemampuan anggaran daerah, sehingga tidak semua yang diusulkan bisa tertampung.
Namun, kata dia, pemerintah daerah tetap akan berupaya untuk mengakomodirnya pada tahun anggaran berikutnya.

“Diperlukan kesabaran dan kebesaran hati jika usulannya ternyata belum dapat diakomodir,”
Menurutnya, kegiatan Musrenbang ini sangat penting guna membahas segala permasalahan kekurangan pembangunan didaerah pedesaan yang ada di masing-masing kecamatan, untuk diusulkan kepada pemerintah kabupaten

“Sangat penting guna menyerap aspirasi dan masukan dari masyarakat menyangkut permasalahan tentang perkembangan pembangunan secara fisik, sosial, ekonomi, infrastruktur, kesehatan serta sektor pendidikan,” demikian Budi Kurniawan.

Baca juga: Disdukcapil Kapuas optimalkan layanan 'jemput bola' perekaman KTP bagi pelajar

Baca juga: Pemkab Kapuas optimalkan langkah pengendalian inflasi daerah

Baca juga: Legislator minta Pemkab Kapuas optimalkan upaya peningkatan SDM masyarakat