Penjabat Bupati apresiasi penanganan banjir di Barito Utara

id banjir barito utara,banjir muara teweh,penjabat bupati,kementerian pupr,barut,barito utara,kalteng

Penjabat Bupati apresiasi penanganan banjir di Barito Utara

Pj Bupati Muhlis didampingi Kadis PUPR, Camat Teweh Tengah bersama tim dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan (OP) Kementerian PUPR meninjau beberapa titik banjir di daerah setempat, salah satunya di belakang kantor BappedaLitbang Muara Teweh, Minggu (21/1/2024).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Muhlis mengapresiasi dan sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran baik pemerintah, swasta maupun masyarakat yang telah membantu penanganan bencana banjir di wilayah setempat.

"Seluruh jajaran pemerintah dan seluruh masyarakat yang sudah all out dalam rangka membantu masyarakat kita menyiapkan posko-posko, kemudian juga menyiapkan sarana prasarana, perahu karet dan sebagainya,” kata Muhlis di Muara Teweh,Minggu.

Apresiasi itu disampaikan Muhlis di sela mendampingi kunjungan kerjan tim dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Dirjen SDA) Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan (OP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan rombongan mengunjungi Kabupaten Barito Utara dalam rangka penanganan banjir di daerah setempat.
 
Menurut dia, untuk tim kesehatan juga turun di masing-masing wilayah kecamatan dan desa dalam rangka melihat kondisi masyarakat kita, harapannya tentu masyarakat kita tetap sehat dalam kondisi yang seperti sekarang ini. 

Pj Bupati juga menambahkan bahwa pemerintah sejak beberapa hari yang lalu sudah mulai menyalurkan bantuan sosial berupa sembako sesuai dengan ketentuan. Ada beras, gula juga ada, minyak goreng dan juga mie instan.

"Sejak kemarin sudah mulai bergerak dan di kecamatan-kecamatan juga akan siap-siap proses untuk pembagian di desa, di mana wilayah terdampak ada tiga belas ribu lebih kepala keluarga dengan empat puluh empat ribu jiwa lebih yang terdampak,” ucap Muhlis.

Pada kesempatan itu Pj Bupati Muhlis juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak baik BUMN maupun BUMD dan juga dunia usaha di wilayahnya yang juga ikut berpartisipasi aktif. 

“Tidak lupa juga saya sampaikan ucapan terima kasih kepada relawan, karang taruna, tagana, pemuda-pemuda yang juga hadir bersama sama dalam rangka membantu masyarakat. Harapan kita beban mereka akan menjadi ringan dalam kondisi seperti saat ini,” imbuhnya.

Dia mengharapkan masyarakat tetap tabah sabar dan bagi masyarakat yang punya kemampuan lebih. 

“Saya kira tidak salah kalau ingin menyumbang datang ke posko bantu sesuai dengan kemampuan masing-masing, kita tunjukkan solidaritas kita, kepada teman-teman yang terkena bencana,” tegas Muhlis.

Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan III Banjarmasin, Kalimantan Selatan I Putu Eddy Purna Wijaya mengatakan bahwa tim hidrologi yang turun melakukan survei dan perhitungan-perhitungan yang dibutuhkan untuk mengetahui berapa debit yang terjadi pada banjir kali ini.

"Informasi yang kami terima sebelumnya banjir seperti ini terjadi pada akhir tahun 2005 itu yang pertama kami pelajari, yang ke dua dari data itu kita dengan teman-teman di Dinas sudah menyusun suatu rencana-rencana pendek maupun rencana panjang,” kata dia.

Baca juga: Pemkab Barut optimalisasi teknologi NOC di masa tanggap darurat banjir

Baca juga: Barito Utara tetapkan status tanggap darurat bencana banjir


Jadi, kata dia, rencana pendek ini nanti kira-kira tanggap daruratnya setelah air surut seperti apa, kemudian untuk menengah dan panjangnya untuk menavigasi fungsi ini mencegah terulang kembali atau mengurangi dampak-dampaknya itu juga akan diprogramkan.

“Mengingat, apa yang terjadi di sungai ini adalah cerminan dari lingkungan kita mudah-mudahan kita bisa lebih bisa menjaga lingkungan dan hidup berdampingan dengan baik,” kata Putu.

Setelah meninjau bajir di belakang kantor BappedaLitbang, peninjauannya ke Pusdalops Penanggulangan Bencana Kabupaten Barito Utara dan dapur umum yang disediakan Pemkab Barito Utara yang dibantu oleh Koramil dan relawan dalam menyediakan makanan untuk warga masyarakat terdampak banjir yang ada di halaman kantor Kecamatan Teweh Tengah.

Banjir yang telah memasuki hari keenam di tujuh dari sembilan kecamatan di Kabupaten Barito Utara ini sejak Selasa (16/1) merendam 43 desa dan kelurahan dengan warga yang terdampak mencapai 13.770 kepala keluarga atau 44.634 jiwa. 

Sedangkan bangunan rumah warga yang terendam sebanyak 9.466 bangunan, tempat ibadah seperti masjid, gereja dan balai basarah 73 buah, fasilitas pendidikan 58 bangunan terdiri atas PAUD,TK,SD dan SMP, fasilitas kesehatan  23 bangunan seperti polindes, pustu dan posyandu, sementara jalan dan jembatan terendam banjir ada 36 buah.

Baca juga: Pemkab Barut tingkatkan fasilitas gedung serbaguna sejumlah kecamatan