DPRD minta pemerintah perhatian akses pendidikan di Murung Raya

id Rabul Yakin, DPRD,Mura,Kalteng

DPRD minta pemerintah perhatian akses pendidikan di Murung Raya

Wakil Rakyat dari Fraksi PPP Rabul Yakin (Antara Foto/HO/Supriadi)

Puruk Cahu (ANTARA) - DPRD Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, meminta pemerintah lebih fokus untuk memperhatikan pendidikan sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) daerah antara lain dengan lebih memperhatikan akses dunia pendidikan.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Wakil Rakyat dari Fraksi PPP Rabul Yakin di Puruk Cahu, Jumat (2/2/2024) yang mengatakan bahwa pendidikan memiliki peran yang besar dalam setiap perkembangan zaman.

Menurut dia, melalui pendidikan dan kegiatan belajar, seseorang banyak mengetahui hal-hal baru serta mempelajari apa yang belum seseorang ketahui. 

Melanjutkan pendidikan adalah aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia, oleh karena itu pendidikan merupakan jalan bagi masyarakat untuk dapat mengakses lebih jauh sektor pengetahuan untuk mendapat hidup yang layak.

“Pemerintah sebagai penanggung jawab tertinggi dalam suatu negara tentunya harus memberikan akses yang mudah bagi masyarakat, untuk mengenyam pendidikan yang layak,” katanya. 

Salah satu upaya yang harus dilakukan pemerintah antara lain adalah pemberian bantuan biaya pendidikan bagi warga kurang mampu sehingga  masyarakat terlepas dari kesulitan pemenuhan biaya pendidikan. 

Hal tersebut, sesuai dengan  peraturan pemerintah Nomor 48 tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan, pasal 27 telah mengamanatkan agar pemerintah memberikan bantuan pendidikan dan beasiswa kepada peserta didik yang orang tuanya tidak mampu secara ekonomi.

Selain itu, juga memberikan bantuan pendidikan dan beasiswa kepada peserta didik yang berprestasi di bidang lainnya pada sekolah negeri atau swasta di wilayah Kabupaten Murung Raya. 

“Berdasarkan amanat dan tanggung jawab tersebut maka diperlukan peraturan daerah tentang bantuan pendidikan bagi masyarakat tidak mampu, dan kami mendukung demi kemajuan dunia pendidikan Murung Raya,” katanya.