Polresta Palangka Raya apel kesiapan pengamanan TPS jelang Pemilu 2024

id PAM TPS ,Palangka Raya,Kalteng ,Kombes Pol Budi Santosa,Pemilu 2024

Polresta Palangka Raya apel kesiapan pengamanan TPS jelang Pemilu 2024

Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Budi Santosa melakukan pengecekan terhadap personel yang akan dilibatkan dalam PAM TPS di Pemilu 2024 yang dilaksanakan di halaman Mapolresta setempat, Senin (5/2/2024). ANTARA/Humas Polresta Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah melaksanakan apel kesiapan pengamanan di tempat Pemungutan Suara (TPS) jelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, yang dilaksanakan di halaman Mapolresta setempat.

Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Budi Santosa saat memimpin jalannya apel tersebut di Mapolresta setempat, Senin, menekankan perlunya persiapan maksimal bagi personel yang terlibat dalam pengamanan TPS (TPS), mereka diminta untuk mempersiapkan perlengkapan dinas maupun pribadi sebelum proses pergeseran pasukan (serpas) yang akan dilaksanakan pada 11 Februari mendatang.

"Pemungutan suara tinggal sembilan hari lagi, ini artinya kami sudah semakin matang dalam memastikan kesiapan kegiatan pengamanan, termasuk administrasi, anggaran, personel, cara bertindak dan sarpras," kata Budi.

Kemudian itu, para personel yang terlibat dalam PAM TPS juga diingatkan untuk mengetahui dengan jelas lokasi tempat atau wilayah penugasannya, hal itu bertujuan untuk memastikan distribusi personel yang optimal dan efektif di setiap TPS.

Dirinya juga menegaskan pentingnya menjaga netralitas dan performance yang baik serta tetap bersinergi dengan anggota Linmas yang merupakan petugas khusus pengamanan TPS, guna memastikan keamanan dan ketertiban selama proses pemungutan suara.

"Laksanakan tugas dengan profesional dan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang sudah ada," ucap perwira Polri berpangkat melati tiga itu.

Baca juga: Gubernur Kalteng ajak masyarakat sukseskan pemilu sebagai perwujudan nilai demokrasi

Sebanyak 260 personel Polresta Palangka Raya dilibatkan dalam Pengamanan TPS, menunjukkan komitmen penuh aparat keamanan dalam mendukung pelaksanaan pemilihan yang aman, tertib, dan demokratis.

Semua langkah ini diambil untuk memastikan keberlangsungan proses demokrasi yang adil dan transparan khususnya di wilayah Kota Palangka Raya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, menjelang hari H pemilu 2024 kondusifitas Kota Palangka Raya sampai saat ini aman dan tidak ada gangguan kamtibmas yang menonjol. Bahkan aktivitas kampanye serta masyarakat di daerah setempat juga berjalan lancar dan tertib sesuai dengan apa yang diharapkan selama ini. 

Baca juga: Polres Barito Utara apel kesiapan pengamanan TPS jelang Pemilu 2024

Baca juga: KPU RI ungkap 394 juta penonton saksikan empat debat Pemilu 2024

Baca juga: KPU Palangka Raya: Simulasi pemungutan suara sebagai sarana evaluasi