Media turut membantu terbentuknya kebijakan sesuai kebutuhan masyarakat

id DPD RI, Anggota DPD RI, Kalteng, Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang, Teras Narang, hari pers, teras narang dan pers

Media turut membantu terbentuknya kebijakan sesuai kebutuhan masyarakat

Anggota DPD RI Agustin Teras Narang saat foto bersama dengan sejumlah insan pers yang ada di Palangka Raya, belum lama ini. ANTARA/Dokumentasi Tim Teras Narang.

Palangka Raya (ANTARA) - Senator asal Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang menyatakan bahwa dirinya sejak masuk ke dunia politik pada tahun 1998, telah menempatkan media sebagai salah satu sahabat dekat dan strategis dalam bertindak maupun menggali berbagai informasi yang berkembang di masyarakat.

Keberadaan dan peran media pun pada dasarnya selalu turut membantu terbentuknya kebijakan pemerintah yang sesuai dengan kebutuhan di tengah-tengah masyarakat, kata Teras Narang saat diminta pendapatnya terhadap menjelang peringatan Hari Pers Nasional pada tahun 2024 di Palangka Raya, Kamis.

"Itulah kenapa saya saat dipercaya rakyat menjadi Anggota DPR RI, Gubernur Kalimantan Tengah, hingga Anggota DPD RI, selalu berupaya dekat dan bersahabat dengan insan pers selaku pegiat media," ucapnya.

Berdasarkan pengalamannya itu, Teras Narang pun mendorong sekaligus mengajak pemerintah daerah di mana pun berada, terkhusus di provinsi ini, agar tetap menjalin hubungan yang baik dengan media. Pemerintah daerah juga perlu memberikan fasilitas yang baik bagi media, termasuk turut melakukan pembinaan dan pendidikan dalam peningkatan kapasitas maupun kapabilitas insan pers.

"Saya yakin, jika itu bisa terlaksana dengan baik, maka kolaborasi yang erat antara pemerintah dan media semakin terjalin secara baik. Bahkan, dapat menghasilkan informasi yang lebih akurat dan relevan di era sekarang ini," kata Teras Narang.

Baca juga: Teras Narang: Peran tokoh dalam meningkatkan demokrasi perlu dioptimalkan

Gubernur Kalteng periode 2005-2015 itu memahami dan menyadari bahwa pers pada dasarnya berupaya untuk selalu independen, menyajikan berita sesuai fakta atau kondisi yang terjadi dan berimbang. Untuk itu, pemerintah dari tingkat pusat hingga daerah, tidak perlu alergi terhadap pemberitaan yang disajikan oleh media.

Dia mengatakan, apabila ada pemberitaan media yang sedikit negatif terhadap kebijakan atau program pemerintah, tinggal diklarifikasi dan disampaikan kondisi sebenarnya. Pemerintah juga harus terbuka dan selalu menyampaikan informasi terbaru terkait hal-hal yang sedang dan akan dikerjakan kepada media, agar dapat diketahui oleh masyarakat secara luas.

"Pun begitu, saya berharap media dalam menyajikan berita, tetap mengedepankan fakta, berimbang dan bertujuan untuk memajukan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat. Saya mengucapkan selamat Hari Pers Nasional pada tanggal 9 Februari 2024 kepada seluruh insan pers di mana pun berada. Majulah pers di Indonesia," demikian Teras Narang.

Baca juga: Alat peraga kampanye jangan sampai merusak lingkungan, kata Teras Narang

Baca juga: Cegah salah pilih di pemilu 2024, mahasiswa harus pedomi semangat dasar Pancasila

Baca juga: Teras Narang terima sejumlah aspirasi dari masyarakat Gumas