Hoaks! Beredar foto caleg gagal berakhir di Rumah Sakit Jiwa

id Rumah sakit jiwa,caleg,rsj,depresi

Hoaks! Beredar foto caleg gagal berakhir di Rumah Sakit Jiwa

Ilustrasi-Perawat mendorong kursi roda untuk pasien gangguan jiwa di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kalawa Atei, Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Senin (22/1/2024). Pihak rumah sakit tersebut menyatakan siap menerima dan merawat jika ada calon legislatif yang mengalami gangguan jiwa akibat gagal terpilih pada pemilu 2024. ANTARA FOTO/Auliya Rahman/nym. (ANTARA FOTO/AULIYA RAHMAN)

Jakarta (ANTARA) - Sebuah unggahan Facebook menampilkan foto yang diklaim sebagai calon legislatif (caleg) di RSJ karena kalah dalam pencalonan pemilu 2024.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Hari ini terpantau banyak pesanan kamar di RSJ.

Lihat çaleg dari Partai  oligarki banyak  yg gagal calon uang sudah banyak habis ' rumah sakit jiwag dari Partai  oligarki banyak  yg gagal calon uang sudah banyak habis ' rumah sakit jiwa ujung" nya”

Namun, benarkah foto tersebut merupakan foto caleg gagal berakhir di Rumah Sakit Jiwa?

 
 
Unggahan foto hoaks yang dinarasikan foto antrian caleg gagal di RSJ. Faktanya, foto tersebut merupakan foto pasien yang gagal nyoblos di RSJ Babel, Bangka Belitung. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, foto tersebut merupakan pasien dengan gangguan kejiwaan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang serupa dengan unggahan Tribunnews yang berjudul “Pasien Rumah Sakit Jiwa Babel Kecewa Tak Bisa Nyoblos: Jalan Kaki pun Mau Bila Diizinkan Pulang”.

Dalam deskripsi foto tersebut diberi keterangan pasien RSJ Babel kecewa tak bisa menyoblos karena petugas KPPS tidak datang. 

Dengan demikian foto yang diklaim sebagai caleg gagal berakhir di RSJ merupakan keliru.

Klaim: Foto caleg gagal berakhir di Rumah Sakit Jiwa

Rating: Hoaks