Sekolah Barigas jadi wadah wujudkan lansia Gumas sehat

id pemkab gunung mas, sekolah lansia barigas, kaum lanjut usia, gumas, gunung mas, wabup efrensia lp umbing, kuala kurun

Sekolah Barigas jadi wadah wujudkan lansia Gumas sehat

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing bersama Kepala Perwakilan BKKBN Kalteng Jeanny Yola Winokan meluncurkan Sekolah Lansia Barigas di Kuala Kurun, Senin (26/2/2024).   (ANTARA/HO-Diskominfosantik Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing, bersama Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Tengah Jeanny Yola Winokan, meluncurkan Sekolah Lansia Barigas.
 
Sekolah Lansia Barigas menjadi wadah bagi warga lansia di Gunung Mas untuk tetap sehat, mandiri, giat, produktif, dan bahagia, ucap Efrensia usai peluncuran Sekolah Lansia Barigas di Kuala Kurun, Senin.
 
“Pemerintah berharap lansia tidak menjadi beban, melainkan masih bisa bermanfaat bagi orang lain di lingkungan sekitarnya,” sambung perempuan pertama yang menjadi Wakil Bupati Gunung Mas itu.
 
Program ini merupakan buah kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Gunung Mas dengan BKKBN Kalteng. Visi dibentuknya sekolah lansia yakni untuk mewujudkan lansia yang sehat, mandiri, aktif dan produktif.
 
Selain itu, sekolah lansia juga bertujuan untuk mewujudkan lansia yang bermartabat. Lansia diharap bisa berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, serta bangsa dan negara.
 
Menurut dia, visi sekolah lansia tersebut sejalan dengan salah satu program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas yakni smart human resources atau sumber daya manusia yang berkualitas.
 
“Harapan saya semoga sekolah lansia yang sudah terbentuk dapat berjalan dengan baik dan sukses, sehingga dapat menjadi menjadi percontohan pembentukan sekolah lansia selanjutnya,” kata Efrensia. 

Baca juga: Polres Gumas tidak temukan indikasi keterkaitan narkoba dengan Pemilu 2024
 
Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Kalteng Jeanny Yola Winokan menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Gunung Mas, yang telah berkontribusi besar terhadap pembentukan Sekolah Lansia Barigas.
 
Dia berharap sekolah lansia di Kecamatan Kurun ini akan memacu pembentukan sekolah lansia di berbagai kecamatan lain, yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.
 
“Di sekolah ini, orang tua lansia mendapat kesempatan untuk mengembangkan potensi, berbaur dengan lingkungan, sehingga secara fisik akan meningkatkan kesehatan mereka,” demikian Jeanny.

Baca juga: Seorang anggota KPPS di Gunung Mas meninggal dunia saat dirawat di RS

Baca juga: DPMD Gunung Mas kunjungan ke Kapuas kaji tiru penanganan batas desa

Baca juga: Bupati Gumas apresiasi kades penuhi komitmen jaga netralitas pada Pemilu 2024