Pemkab Kapuas siapkan 75 lapak gratis di pasar Ramadhan

id Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kapuas, pasar Ramadhan, pasar Ramadhan di kapuas

Pemkab Kapuas siapkan 75 lapak gratis di pasar Ramadhan

Pembangunan lokasi tempat Pasar Ramadhan Kuala Kapuas, Senin (11/3/2024). ANTARA/All Ikhwan.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menyiapkan 75 lapak atau stan gratis bagi pedagang dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di pasar Ramadhan di jalan Letjend Suprapto Kuala Kapuas.

"Lapak atau stan yang kita bangun untuk para pedagang sudah terisi penuh semua sejak dibukanya pendaftaran tiga hari lalu," kata Ketua Panitia Pasar Ramadhan1445 Hijriah, Suwarno Muriyat, di Kuala Kapuas, Senin.

Untuk pedagang dan UMKM yang ingin berdagang di kawasan pasar ramadhan namun belum mendapatkan lapak, bisa membawa tenda sendiri dan tanpa dipungut biaya alias gratis.

Tidak hanya lapak, untuk penerangan atau lampu aliran listrik PLN juga digratiskan oleh panitia, namun diberikan sesuai kebutuhan pengguna. Sementara untuk kebersihan, akan langsung ditangani oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

"Bagi masyarakat yang ingin berbelanja untuk keperluan berbuka puasa di pasar Ramadhan sendiri, dibuka mulai pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB setiap harinya," beber Suwarno.

Untuk pembukaan pasar Ramdhan sendiri, dijadwalkan dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi, pada Selasa (11/3/2024) sore.

Pasar Ramadhan di Kapuas disebutnya juga pasar wadai (kue), karena di sana dijual beragam kue khas Banjar, seperti diantaranya amparan tatak, kararaban, sari muka, bingka dan lainnya.

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas puji keberhasilan pertanian Desa Warna Sari

Selain dijual beragam makanan berbuka puasa, juga ada berbagai minuman lainnya yang umum. Pasar wadai Ramadhan, kata Suwarno, menjadi objek wisata masyarakat menunggu waktu berbuka.

"Ini bagian khazanah pariwisata di bulan Ramadhan di Kapuas," tuturnya.

Diharapkan dengan di fasilitasinya  tempat untuk para pedagang berjualan takjil Ramadhan, akan semakin meriah suasana bulan Ramadan di Kuala Kapuas.

"Dengan adanya pasar Ramadhan ini, diharapkan bisa memudahkan warga kita  membeli takjil untuk berbuka," demikian Suwarno.

Baca juga: Pawai Ogoh-ogoh meriahkan Hari Raya Nyepi di Kapuas

Baca juga: Penjabat Bupati: Raihan piala Adipura jadi kebanggaan Kapuas

Baca juga: DPMD Kapuas gelar rapat sinkronisasi penguatan P3MD