Umat Islam di Pulang Pisau diajak memaknai Ramadhan untuk memperkuat ukhuwah

id Umat Islam di Pulang Pisau diajak memaknaiRamadhan untuk memperkuat ukhuwah, kalteng, Pulang Pisau, ramadhan

Umat Islam di Pulang Pisau diajak memaknai Ramadhan untuk memperkuat ukhuwah

Penjabat Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani memberikan sambutan dalam safari ramadan di Masjid Ussisa Alattaqwa Kelurahan Bahaur Basantan Kecamatan Kahayan Kuala, Senin malam (25/3/2024). ANTARA/ HO-Diskominfostandi Pulang Pisau

Pulang Pisau (ANTARA) - Penjabat Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah, Nunu Andriani mengungkapkan bahwa Safari Ramadhan 1445 Hijriah yang dilaksanakan pemerintah setempat ke sejumlah desa dan kecamatan, salah satunya bertujuan memperkuat ukhuwah Islamiyah serta membangun sinergisitas bersama unsur Forkopimcam dan masyarakat.

“Saya mengajak seluruh masyarakat umat muslim di kabupaten setempat untuk bisa memanfaatkan bulan suci Ramadhan dengan sebaik-baiknya dengan memperbanyak amal ibadah. Senantiasa mendoakan agar seluruh kegiatan pembangunan dapat berjalan lancar dan baik hingga bermanfaat bagi masyarakat. sehingga tujuan pembangunan dalam rangka mensejahterakan masyarakat dapat diwujudkan,” kata Nunu Andriani di Pulang Pisau, Senin.

Menghadiri agenda ketiga safari Ramadhan di Masjd Ussisa Alattaqwa Kelurahan Bahaur Basantan Kecamatan Kahayan Kuala, dirinya mengungkapkan makna puasa di bulan suci Ramadhan adalah sebagai perwujudan sebuah ibadah yang diawasi oleh Allah SWT.

Menurutnya, ibadah puasa bukan hanya sekadar menahan lapar dan haus, melainkan bentuk riyadhoh atau latihan dan ujian yang dilakukan selama satu bulan penuh.

Ia menjelaskan puasa di bulan Ramadhan ini tidak hanya berubah kondisi fisik, namun juga mengubah jiwa dan perilaku seseorang. Harapannya setelah menjalankan ibadah puasa, semua bisa mengamalkan kebiasaan baik yang didapat selama menjalani ibadah puasa satu bulan penuh.

Baca juga: Bupati minta PPPK Pulpis terus diminta meningkatkan dan mengimbangi kompetensi

Menurutnya, ibadah puasa di bulan suci Ramadhan merupakan pembentukan karakter kepribadian yang kuat dalam melatih kesabaran. Sebagai upaya umat muslim dalam mendekatkan kepada Allah SWT, puasa Ramadhan dijadikan momentum memperkuat kerukunan dan persatuan ukhuwah islamiah, ukhuwah wathoniyah dan ukhuwah basyariah.

Nunu Andriani menekankan agar umat muslim agar benar-benar bisa menghayati makna sesungguhnya dari puasa. Bulan Ramadhan adalah bulan yang memiliki keistimewaan jika dibandingkan dengan bulan lainnya. Banyak nikmat dan karunia yang telah di berikan kepada umat sehingga wajib dan patut untuk disyukuri bersama.

Nunu Andriani mengungkapkan kegiatan safari Ramadhan, bukanlah merupakan agenda baru bagi pemerintah setempat. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari upaya yang dilakukan oleh pimpinan daerah sebelumnya, sekaligus untuk melihat dari dekat kondisi kehidupan masyarakat, hasil pembangunan yang telah dirasakan, selain menjalin tali silaturahim dengan masyarakat dan memperkuat ukuwah Islamiyah.  

Baca juga: Banjir di Pulang Pisau meluas ke tiga kecamatan

Baca juga: Pj Bupati meyakini optimalisasi lahan rawa pacu produksi padi di Pulang Pisau

Baca juga: Kementerian Pertanian alokasikan 81 ribu hektare optimalisasi lahan rawa di Kalteng