Puluhan personel Polresta Palangka Raya amankan sejumlah wisata

id Tempat wisata,Palangka Raya ,Kalteng ,Pengamanan tempat wisata ,Polresta Palangka Raya,Kalawa Water Park

Puluhan personel Polresta Palangka Raya amankan sejumlah wisata

Aktivitas di lokasi wisata Kalawa Water Park Jalan Tjilik Riwut Km 7 Kota Palangka Raya saat libur Lebaran, Kamis (11/4/2024). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Puluhan personel Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah melakukan pengamanan di sejumlah wisata dalam rangka libur Lebaran 1445 Hijriah.



Kasi Humas Polresta Palangka Raya, Iptu Sukrianto di Palangka Raya, Kamis, mengatakan personel yang diterjunkan ke sejumlah wisata yang ada di wilayah hukum Polresta Palangka Raya sebanyak 40 personel untuk menjaga keamanan di sekitar lokasi wisata yang didatangi oleh para pengunjung. 



"Tujuannya pengamanan tidak lain memberikan rasa nyaman masyarakat dalam melaksanakan libur Lebaran di sejumlah wisata yang ada di daerah kita," kata Sukrianto.



Dia menjelaskan, sampai saat ini liburan yang dilaksanakan masyarakat seperti di kawasan Kecamatan Bukit Batu, seperti Tangkiling, Danau Bahandang, Kalawa Water Park serta Susur Sungai Air Hitam di Dermaga Kereng Bangkirai berjalan lancar dan tidak ada hambatan. 



Meski tidak ada hambatan, seluruh personel yang sudah ditugaskan dalam pengamanan ke sejumlah lokasi wisata tersebut selalu siaga mengamankan untuk menekan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. 



"Alhamdulillah informasi yang kami dapatkan, bahwa di sejumlah lokasi wisata aman dan tidak ada gangguan baik tindak kejahatan maupun macet yang dapat mengganggu arus lalu lintas di daerah setempat," katanya. 



Perwira Polri berpangkat balok dua itu berharap, kondisi aman dan tidak ada gangguan kamtibmas seperti ini diharapkan terus berjalan lancar selama libur Lebaran.



Sebab, tidak menutup kemungkinan lokasi wisata di Palangka Raya masih akan diserbu pengunjung baik dari dalam kota maupun pengunjung yang berasal dari luar kota. 



"Kami dari kepolisian akan tetap memonitor selama libur Lebaran berlangsung hingga nanti selesai dan kondisi Kota Palangka Raya kembali normal seperti hari-hari biasanya," ungkapnya. 



Dia juga mengingatkan kepada para pengunjung lokasi wisata di daerah setempat, apabila melihat ada tindak kejahatan atau gangguan kamtibmas, maka segera laporkan ke pos pengamanan Lebaran yang tidak jauh dari lokasi wisata, bahkan personel kepolisian yang sedang melaksanakan pengamanan di daerah setempat.



"Jangan takut untuk melaporkan ke pihak kepolisian apabila ada melihat tindak kejahatan, kemacetan gangguan kamtibmas lainnya karena kepolisian akan segera melakukan tindakan sehingga gangguan tersebut segera teratasi," demikian Sukrianto. 



Berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah lokasi wisata seperti di Kalawa Water Park yang terletak di Jalan Tjilik Riwut Km 7 Palangka Raya terlihat banyak di kunjungi masyarakat. Bahkan sejumlah lokasi wisata lainnya juga padat di kunjungi warga untuk berekreasi dengan sanak keluarga mereka.