Arus penumpang Lebaran 2024 di Bandara Muhammad Sidik meningkat

id bandara haji muhammad sidik,muara teweh,arus mudik,lebaran 2024,barito utara,kalteng,angkutan lebaran pesawat muara teweh

Arus penumpang Lebaran 2024 di Bandara Muhammad Sidik meningkat

Foto Arsip- Sejumlah penumpang maskapai Wings Air dari Banjarmasin tiba di Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh, Rabu (19/7/2023).ANTARA/Kasriadi

Muara Teweh (ANTARA) - Pergerakan penumpang pada angkutan Lebaran  pada 3-18 April 2024 dari dan ke Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

"Tahun ini penumpang yang datang di Bandara Haji Muhammad Sidik sebanyak 678 orang meningkat 93 persen dari tahun 2023 hanya 351 penumpang, sedangkan yang berangkat mencapai 844 orang atau 52 persen dari sebelumnya  555 penumpang," kata Kepala Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh, Muhammad Amrillah K di Muara Teweh, Selasa.

Menurut dia, pesawat yang melayani angkutan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah juga mengalami peningkatan pada 2024 sebanyak 23 pesawat yaitu maskapai Wings Air penerbangan reguler dari Banjarmasin - Muara Teweh pulang pergi, Airfast (carteran) tujuan Balikpapan - Muara Teweh sebaliknya dan Susi Air (Penerbangan perintis) Palangka Raya - Muara Teweh PP.

Baca juga: Susi Air terbang perdana ke Muara Teweh dari Palangka Raya

Pesawat yang melayani angkutan Lebaran tahun ini, katanya, meningkat 77 persen  dibanding 2023 hanya 13 pesawat.

"Puncak arus mudik terjadi pada Jumat (5/4) dengan penumpang yang tiba 69 orang dan berangkat mencapai 120 penumpang, sedangkan arus balik pada Senin (15/4) datang 59 penumpang dan berangkat 71 orang," kata Amrillah. 

Baca juga: Arus mudik pesawat Muara Teweh - Banjarmasin mulai ramai

Baca juga: Susi Air kembali layani penerbangan Muara Teweh-Palangka Raya


Bandara Haji Muhammad Sidik juga membuka Posko Angkutan Lebaran 2024 dengan personel gabungan terdiri atas petugas dari Bandara HMS didukung Polres Barito Utara, Kodim 1013 Muara Teweh, Balai Karantina Kesehatan Pelabuhan dan petugas penanganan di darat untuk bagasi dan pasasi (Ground Handling). 

Pihaknya pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personel atas semangat kolaborasi serta kerja sama dari seluruh lini yang telah dibangun dalam memastikan kelancaran pelayanan di Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh.
 
"Kita bersyukur dalam arus mudik dan balik angkutan udara Lebaran tahun ini di Muara Teweh berjalan aman dan lancar," demikian Amrillah.