Pj Bupati minta KONI lebih optimal tingkatkan kualitas pelaku olahraga di Sukamara

id Penjabat Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Kaspinor, Evi Andriani, Sukamara, kalteng

Pj Bupati minta KONI lebih optimal tingkatkan kualitas pelaku olahraga di Sukamara

Asisten I Pemkab Sukamara Evi  Andriani foto bersama dengan pengurus KONI Sukamara usai dilantik di di Aula SMPN 1 Sukamara, Rabu (8/5/2024) ANTARA/HO.

Sukamara (ANTARA) - Penjabat Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Kaspinor, melalui Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan dan Umum Setda Sukamara, Evi  Andriani meminta kepada pengurus komite olahraga nasional Indonesia (Koni) yang baru dilantik, agar terus dan lebih optimal dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) ataupun pelaku olahraga di kabupaten setempat.

Selama ini pengurus KONI Sukamara sudah cukup aktir berperan aktif dalam menjalankan visi dan misinya serta terlibat secara aktif dalam menjalankan program yang berkaitan dengan olahraga, kata Evi Andriani saat menghadiri pelantikan pengurus KONI Sukamara masa bakti 2023-2027 di Sukamara, Rabu.

"Jadi, berpartisipasi dalam peningkatan SDM dan kemajuan pembangunan bagi masyarakat, khususnya bagi kuantitas maupun kualitas dunia olahraga harus terus dilakukan dan lebih dioptimalkan," tamnbahnya

Dikatakan, dengan terlaksananya pelantikan tentunya menjadikan semangat baru untuk mendulang prestasi dan melanjutkan berbagai program kerja sesuai visi dan misi. Kemudian, yang paling penting adalah bagaimana tugas-tugas keseharian sebagai pengurus KONI senantiasa berjalan dengan lancar, sebagaimana dengan program yang terencana sehingga mencapai sasaran yang tepat.

Evi mengatakan Pemkab Sukamara menyambut baik atas terlaksananya pelantikan pengurus KONI, dan harapannya dapat menjadi momentum untuk perbaikan, penyempurnaan dan revitalisasi keolahragaan yang kelak semakin mengangkat prestasi dan pembinaan olahraga di wilayah ini di kancah nasional.

Dirinya juga berpesan kepada seluruh pengurus KONI yang dilantik, agar mampu mempertahankan dan melaksanakan segala visi dan misi sesuai harapan dan tujuan terutama program pembinaan bagi atlit usia dini, jika perlu pembinaan juga bisa melibatkan stakeholder baik perangkat daerah maupun pengusaha.

"Bekerja dan berkaryalah, karena karya tidak akan hilang walau kita nanti akan meninggalkannya," demikian Evi  Andriani.

Sementara itu, Ketua Harian KONI Provinsi Kalteng, M Hasanuddin Noor menyampaikan, target pembinaan yang dilakukan oleh KONI Sukamara beberapa tahun terakhir cukup berhasil, karena prestasi itu tidak akan didapat secara instan.

"Kita menuju sebuah prestasi tentunya harus melalui proses dalam arti seperti pelatihan, pembinaan dan lainnya secara berkelanjutan. Hal inilah yang sudah dilakukan oleh KONI Sukamara, terbukti sejumlah keterwakilan nasional di provinsi lebih banyak cabang olahraga (cabor) dari Sukamara," beber dia.

Beberapa cabor yang atletnya lahir dari binaan Koni Sukamara mewakili Kalteng ke tingkat nasional seperti Panjat Tebing, Panahan, Tenis Meja, Atletik dan Menembak semua hampir dari sukamara.

Baca juga: Dinkes Sukamara imbau masyarakat waspada peningkatan DBD

"Kami selaku pengurus Koni Provinsi yakin dengan pengurus KONI Sukamara tetap mampu melahirkan atlet-atlet yang baik, sebab sudah dibina sejak dini, diberikan beasiswa dan lain sebagainya, guna mendukung terciptanya prestasi secara nasional," jelasnya.

Ketua KONI Sukamara M Yamin menambahkan, untuk keterwakilan atlet Koni Sukamara di empat cabor pada PON 2024 yakni Tenis Meja, Panjat Tebing, Panahan dan Perbakin dapat memberikan yang terbaik bagi Kalteng dengan memperoleh emas.

Selain itu, atlet binaan KONI Sukamara juga yang akan mengikuti even tingkat mahasiswa se Asia mewakili Kalteng diharapkan juga dapat prestasi yang baik yakni mampu masuk tiga besar.

"Termasuk persiapan atlet untuk mengikuti Sea Games dari panjat tebing serta Tenis Meja," ungkap Yamin.

Terlepas hal tersebut, Yamin berharap untuk sarana dan prasarana penunjang bagi atlet yakni sport center yang diperjuangkan oleh KONI Sukamara dengan dukungan pemerintah, diharapkan 2025 mendatang sudah dapat dibangun.

"Kami dari KONI Sukamara juga memberikan beasiswa kepada 16 atlet dalam bentuk latihan, pembiayaan pelatihan dan pendidikan," demikian Yamin.

Baca juga: Kadisdik Sukamara: Gerakan Merdeka Belajar memajukan dunia pendidikan

Baca juga: Bunda PAUD Sukamara dorong peningkatan peran orang tua

Baca juga: Berikut perkembangan tahapan Pilkada 2024 di Sukamara