Bunda PAUD Sukamara dorong peningkatan peran orang tua

id Bunda PAUD Sukamara dorong peningkatan peran orang tua, kalteng, sukamara, pendidikan

Bunda PAUD Sukamara dorong peningkatan peran orang tua

Bunda PAUD Kabupaten Sukamara Agustina Kaspinor saat mengukuhkan bunda pauda kecamatan/desa di BPG Sukamara, Kamis (2/5/2024). ANTARA/Donefrid Lalang

Sukamara (ANTARA) - Penjabat Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Kaspinor melalui Assisten Bidang Administrasi Pembangunan dan Umum Sekretariat Daerah Sukamara mengatakan, Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) kabupaten beserta kelompok kerjanya harus mendorong agar para orang tua ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan bina keluarga balita.

“Mengapa harus mendorong orang tua supaya cara pengasuhan yang disampaikan di satuan PAUD jangan sampai berbeda atau bahkan bertolak belakang dengan pola pengasuhan di rumah. Karena, kita semua tentu sadar bahwa pendidikan di awal masa pertumbuhan anak sangatlah penting,” ucapnya di Sukamara, Kamis.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri acara pengukuhan Bunda PAUD kecamatan dan desa/kelurahan se- Kabupaten Sukamara yang dirangkaikan dengan rapat koordinasi Bunda PAUD.

Menurutnya, keberadaan Bunda PAUD kecamatan dan bunda PAUD desa/kelurahan menjadi bagian penting dan strategis dalam membina satuan PAUD yang ada di kecamatan dan desa/kelurahan masing-masing, sehingga bisa meningkatkan kualitas PAUD di Kabupaten Sukamara.

“Saya mengapresiasi Bunda PAUD Kabupaten Sukamara dan kelompok kerjanya atas terlaksananya pengukuhan Bunda PAUD kecamatan dan desa/kelurahan pada hari ini, semoga ini menjadi motivasi dan semangat untuk terus memajukan PAUD di Kabupaten Sukamara menjadi PAUD yang holistik integrative,” harap Kaspinor.

Baca juga: Berikut perkembangan tahapan Pilkada 2024 di Sukamara

Atas nama pribadi dan Pemerintah  Kabupaten Sukamara, mengucapkan selamat dan sukses kepada Bunda PAUD kecamatan dan Bunda PAUD desa/kelurahan yang baru saja dikukuhkan.

“Kita semua tentu mempunyai kepedulian yang besar terhadap pendidikan anak usia dini, yakni sama-sama ingin membantu pertumbuhan dan perkembangan anak-anak kita, agar pada saatnya nanti mereka memiliki kesiapan mental untuk memasuki pendidikan tingkat lanjut, mengantarkan mutiara bangsa ke gerbang masa depan mereka yang lebih baik,” jelasnya.

Menurutnya, pada usia dini, otak berkembang dengan sangat cepat. Otak juga dapat menerima dan menyerap segala sesuatu yang dilihat dan didengarnya. Tidak hanya yang baik-baik saja, tetapi hal-hal yang kurang baik juga, semua itu diserap tanpa terkecuali. Masa itu adalah masa-masa dimana perkembangan fisik, mental dan spiritual seorang anak akan mulai terbentuk.

“Pendidikan anak usia dini adalah tanggung jawab orang tua serta menjadi tugas pemerintah dalam memberikan layanan pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, tugas kita yang paling utama adalah memastikan bahwa anak-anak sudah terlayani oleh lembaga PAUD di wilayah kita masing-masing,” tegasnya.

“Bunda PAUD kabupaten beserta kelompok kerjanya dan bunda-bunda PAUD kecamatan juga memiliki tanggungjawab, untuk memastikan setiap anak yang lahir memiliki identitas berupa akta kelahiran, agar mereka dapat menjadi warga negara Indonesia yang terlindungi hak-haknya sejak dini,” demikian.

Baca juga: Pemkab Sukamara apresiasi kiprah kaum wanita dalam pembangunan daera

Baca juga: Pemkab Sukamara perkuat sinergisitas wujudkan situasi kondusif

Baca juga: Pemkab Sukamara tingkatkan pasar murah cegah risiko sosial