Pemkab Sukamara apresiasi kiprah kaum wanita dalam pembangunan daerah

id Pemkab Sukamara apresiasi kiprah kaum wanita dalam pembangunan daerah, kalteng, sukamara, kartini

Pemkab Sukamara apresiasi kiprah kaum wanita dalam pembangunan daerah

Suasana upacara peringatan Hari Kartini 2024 di halaman Kantor Bupati Sukamara, Senin (29/4/2024). ANTARA/Donefrid Lalang

Sukamara (ANTARA) - Penjabat Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Kaspinor memaknai peringatan Hari Kartini sebagai penyemangat bagi kaum wanita sehingga mampu turut berkontribusi dalam pembangunan daerah melalui bidang masing-masing. 

“Kegiatan ini bukan hanya sebagai seremonial, namun harus dimaknai agar para wanita Indonesia terus berupaya meningkatkan perannya demi kemajuan bangsa dan negara tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang wanita,” ucapnya saat upacara peringatan Hari Kartini di halaman kantor Bupati Sukamara, Senin.

Kaspinor mengatakan,peringatan Hari Kartini diharapkan akan memunculkan Kartini generasi baru untuk terus berjuang, baik sebagai pejuang hak wanita maupun sebagai pondasi penting dalam kemajuan negara Indonesia dan daerah di berbagai aspek.

Dia sependapat dengan tema yang diusung pada peringatan Hari Kartini tahun 2024 ini yaitu “Peran Kartini milenial untuk masa depan negara”. Ditandai dengan peran perempuan pada beberapa posisi penting dalam pembangunan nasional.

“Besar harapan kita bersama, hal ini dapat menjadi peluang untuk mengembangkan keterampilan para perempuan dan potensi yang dimiliki. Semoga dengan peringatan ini, akan muncul Kartini-Kartini generasi baru untuk terus berjuang," ujarnya.

Kartini merupakan salah satu tokoh wanita yang identik dengan perjuangan perempuan. Berkat perjuangannya, peran wanita semakin meningkat di Indonesia dan meluas di berbagai lini kehidupan.

“Setiap orang tentu memiliki hak untuk bersinergi bersama dalam menentukan keberhasilan. Oleh sebab itu, marilah kita beri hak yang sama antara  perempuan dan laki-laki dalam berbagai hal,” harap Kaspinor.

Menurutnya, Kartini adalah sosok perempuan yang inspiratif dan memiliki semangat juang yang tinggi. Kartini memiliki tekad dan semangat yang kuat untuk memperjuangkan kesetaraan hak bagi perempuan.

Baca juga: Pemkab Sukamara perkuat sinergisitas wujudkan situasi kondusif

Saat ini masyarakat hidup di zaman yang sudah sangat maju dan berkembang. Oleh karena itu, sebagai generasi muda, harus terus memperjuangkan hak-hak perempuan.

Masyarakat bisa melihat perempuan-perempuan Indonesia yang hebat. Perempuan tidak hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga, tetapi juga ikut dalam memberi warna kehidupan masyarakat dengan berbagai kegiatan-kegiatan pembangunan dan sosial. 

Kini perempuan Indonesia bisa mengenyam pendidikan setinggi-tingginya, berpartisipasi dalam tata kelola pemerintahan, atau bekerja dengan profesi tinggi dan kedudukannya setara dengan laki-laki.

Selain itu, juga semakin banyak perempuan yang menjadi pengambil keputusan, dan semakin banyak pula yang meningkatkan kapasitas dengan berbagai kegiatan positif.

Keberadaan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) yang terdiri dari beragam organisasi perempuan, menunjukkan bahwa dengan latar belakang yang berbeda, perempuan juga dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan Kabupaten Sukamara.

Menurutnya, perempuan Sukamara telah mengambil peran besar melalui kiprahnya yang beragam. Peran-peran strategis saat ini semakin banyak dipegang oleh kaum perempuan.

"Mari kita manfaatkan untuk turut mengambil tanggung jawab bagi kemajuan bangsa khususnya Kabupaten Sukamara. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan daya untuk mengemban amanah, agar hari esok semakin cerah bersama para perempuan hebat Sukamara tercinta,” demikian.

Baca juga: Pemkab Sukamara tingkatkan pasar murah cegah risiko sosial

Baca juga: Pemkab Sukamara serap aspirasi dalam menyusun RJPD

Baca juga: Pemkab Sukamara optimalkan insentif fiskal turunkan angka kemiskinan dan inflasi