Pemkab Sukamara perkuat sinergisitas wujudkan situasi kondusif

id Pemkab Sukamara perkuat sinergisitas wujudkan situasi kondusif, kalteng, sukamara, lebaran, ramadhan

Pemkab Sukamara perkuat sinergisitas wujudkan situasi kondusif

Penjabat Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah Kaspinor bersama Kapolres Sukamara AKBP Telly Alvin saat melakukan pengecekan pasukan saat ops ketupat di Mapolres Sukamara, Rabu (3/4/2024) lalu. ANTARA/HO-Humas Polres Sukamara

Sukamara (ANTARA) - Penjabat Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah Kaspinor berharap adanya sinergisitas, kerja sama dan peran serta yang baik dari seluruh pihak terkait, demi mewujudkan situasi tetap aman dan kondusif pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah nanti.

“Kita telah melaksanakan apel operasi ketupat di wilayah ini sesuai instruksi kepolisian dimana sudah melibatkan bidang pengamanan dan ini merupakan konsolidasi yang sangat bagus,” ucap Kaspinor. Rabu (3/4) lalu.

Menurut Kaspinor, pihaknya sudah sudah berusaha melakukan antisipasi terkait dengan penanganan arus mudik yang mengalami peningkatan secara signifikan pada 2024 ini.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pemantauan terhadap pengendalian kebutuhan pokok di wilayah setempat supaya tidak mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

“Kita berharap tentunya agar wilayah kita ini semakin baik dan lebih terkendali lagi. Kemudian, kita juga telah melakukan berbagai koordinasi terutama pihak Polres Sukamara mengenai keamanan di tempat wisata pada saat lebaran nanti, dimana pastinya akan banyak pengunjung dari dalam maupun luar daerah,” Kaspinor menerangkan.

Hal serupa juga disampaikannya pada saat kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral, terkait persiapan pengamanan ibadah puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1445 hijriah, dengan sandi Operasi Ketupat Telabang 2024.

Baca juga: Pemkab Sukamara tingkatkan pasar murah cegah risiko sosial

“Pada pelaksanaannya nanti kita sangat berharap semua pihak dapat menyatukan arah dan langkah dalam persiapan pengamanan, khususnya bagi masyarakat yang beragama Islam, yang merayakan lebaran dengan penuh kemenangan,” Kaspinor menyampaikan.

Untuk menyikapi serta mengantisipasi sejumlah kerawanan, diperlukan komitmen koordinasi dan kerjasama antara seluruh pemangku kepentingan mulai dari pemerintah, aparat keamanan dan para pelaku usaha demi terwujudnya situasi kamtibmas yang diharapkan.

“Pada kesempatan ini juga, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi - tingginya kepada Polres Sukamara dan semua pihak yang telah berpartisipasi aktif, sehingga ketertiban dan keamanan masyarakat dapat terwujud,” demikian Kaspinor.

Sementara itu, Kapolres Sukamara AKBP Telly Alvin mengatakan bahwa sebanyak 70 personel akan diturunkan dalam operasi Ketupat Telabang di wilayah setempat yang dimulai sejak 4-16 April 2024 mendatang.

“Kita akan buatkan pos pengamanan dan pelayan di beberapa titik rawan di wilayah ini dalam rangka memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang melaksanakan Hari Raya Idul Fitri di wilayah ini,” demikian Alvin.

Baca juga: Pemkab Sukamara serap aspirasi dalam menyusun RJPD

Baca juga: Pasar Ramadhan mampu perkuat pertumbuhan ekonomi dan bantu UMKM

Baca juga: Pemkab Sukamara optimalkan insentif fiskal turunkan angka kemiskinan dan inflasi