Pasar Ramadhan mampu perkuat pertumbuhan ekonomi dan bantu UMKM

id Penjabat Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Kapinor, Sukamara, kalteng, pasar ramadhan di Sukamara

Pasar Ramadhan mampu perkuat pertumbuhan ekonomi dan bantu UMKM

Penjabat Bupati Sukamara Kaspinor didampingi Sekda Rendi Lesmana usai membuka pasar Ramadhan di Sukamara, Selasa (12/3/2024). ANTARA/Donefrid Lalang.

Sukamara (ANTARA) - Penjabat Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Kapinor menyatakan bahwa keberadaan pasar Ramadhan di kabupaten ini, mampu berkontribusi terhadap upaya memperkuat pertumbuhan ekonomi dan membantu memasarkan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Apalagi pasar Ramadhan ini juga menjadi agenda tahunan yang bertujuan membantu umat islam dalam menyediakan menu berbuka puasa, kata Kaspinor di Sukamara, Selasa.

"Semoga dengan adanya pasar Ramadhan ini diharapkan dapat mendatangkan berkah bagi seluruh masyarakat," tambahnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga merupakan bentuk kepedulian pemerintah untuk mengakomodasi para pelaku UMKM dalam berusaha dan sebagai upaya memotivasi kreatifitas dalam mengembangkan usaha, sehingga lebih maju dan semakin baik.

"Adanya pasar Ramadhan ini kita upayakan adanya kreatifitas para pedagang dalam menyajikan usaha kuliner dan lainnya sehingga semakin berkembang dan maju. Selain itu, kegiatan ini juga dalam rangka memeriahkan bulan suci Ramadhan 1445 hijriah," jelasnya.

Kaspinor juga mengajak seluruh masyarakat untuk menyambut datangnya bulan yang penuh ampunan dengan mempersiapkan diri sebaiknya dan saling memaafkan untuk membersihkan jiwa dari segala dosa dan kesalahan serta kekhilafan sebagai sesama hamba Allah SWT.

Dia mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik kegiatan pasar Ramadhan ini karena merupakan tradisi yang sangat positif. Untuk itu, Pemkab Sukamara akan selalu berusaha dan berupaya untuk meningkatkan penyelenggaraan pasar Ramadhan setiap tahunnya.

Baca juga: Wagub Kalteng tabur dua juta benur udang vaname

"Ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Sukamara kepada umat muslim khususnya dan masyarakat Sukamara pada umumnya," kata dia.

Selain itu, dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga silaturahmi, Ukhuwah Islamiah, serta terus berlomba-lomba meningkatkan amal ibadah sehingga dapat meraih nilai ketakwaan di sisi Allah SWT.

"Untuk seluruh masyarakat Sukamara, agar terus menjaga suasana kondusif dan menjaga kesehatan diri serta kondisi tubuh masing-masing selama bulan suci Ramadhan ini, agar kita selalu diberi kesehatan dan kekuatan untuk menjalankan aktivitas selama bulan puasa ini," demikian Kaspinor.

Baca juga: Pj Bupati Sukamara minta PPPK kreatif dan mampu berinovasi

Baca juga: Sekda Sukamara minta ASN tetap bersikap netral pada Pemilu 2024

Baca juga: Pemprov Kalteng mulai tebar benur di Kawasan Tambak Udang BERKAH