BI turut gelar promosi UMKM bertajuk PTB di Kalteng Expo

id Kepala BI Kalteng, BI Kalteng, Bank Indonesia Kalimantan Tengah, Kalimantan Tengah, Taufik Saleh, kalteng expo

BI turut gelar promosi UMKM bertajuk PTB di Kalteng Expo

Kepala BI Kalteng Taufik Saleh. (ANTARA/Jaya WM)

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah Taufik Saleh menyatakan bahwa pihaknya tahun ini turut berkolaborasi dan menjadi partner aktif dalam perhelatan Kalteng Expo, yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kalteng dari tanggal 11-15 Mei 2024 di lokasi Pameran Temanggung Tilung Kota Palangka Raya.

Adapun kolaborasi dan partner aktif itu dengan menggelar kegiatan promosi UMKM bertajuk Pesona Tambun Bungai (PTB) ke-X di tengah-tengah area pameran Kalteng Expo tersebut, kata Taufik Saleh di Palangka Raya, Jumat.

"Di mana kami telah menyediakan arena pameran UMKM kriya, wastra, maupun makanan-minuman yang merupakan mitra dan binaan khusus BI Kalteng," ucapnya.

Dirinya pun memastikan bahwa UMKM yang terlibat itu bukan sembarang dipilih oleh BI Kalteng, melainkan juga harus telah lulus kurasi khusus, dan bahkan sebagian telah diikutsertakan dalam pameran UMKM nasional maupun internasional.

Taufik Saleh mengatakan, selain dapat menikmati ragam pilihan UMKM berkualitas, para pembeli yang bertransaksi di booth BI Kalteng memiliki kesempatan untuk mendapatkan doorprize yang akan diundi di akhir Kalteng Expo.

"Untuk doorprize itu khusus yang melakukan transaksi pembelian menggunakan pembayaran non digital QRIS," kata dia.

Baca juga: BI berharap pembangunan mesin RtRdan RMU di Kalteng segera diselesaikan

Berbicara tentang QRIS, Booth BI Kalteng juga turut mengadakan kegiatan sosialisasi edukasi mengenai cara memperlakukan dan menggunakan uang rupiah dengan baik (Cinta Bangga Paham Rupiah—CBP) serta penggunaan pembayaran digital dan perlindungan konsumen seperti QRIS.

"Pengunjung dijamin tidak akan bosan pada saat  sosialisasi, karena kegiatan tersebut bersifat interaktif dengan berbagai mini games dan suvenir yang dapat diraih," ungkap Kepala BI Kalteng ini/

Dikatakan, PTB X Kalteng Expo 2024 merupakan wujud komitmen BI Kalteng dalam mendukung pengembangan ekonomi Kalimantan Tengah melalui kerjasama yang lebih erat dengan pemda.

"Dengan semangat kolaborasi dan partisipasi aktif dari seluruh pihak, diharapkan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalteng," demikian Taufik Saleh.

Baca juga: BI anggap angka inflasi Kalteng selama April masih wajar

Baca juga: BI siap bantu wartawan Kalteng sajikan berita ekonomi secara menarik

Baca juga: BI ikut terlibat perkuat layanan perpustakaan dan tingkatkan literasi di Kalteng