FBIM 2024 Kalteng bertabur artis papan atas, ini jadwalnya

id FBIM, festival budaya isen mulang kalimantan tengah, Kalteng, FBIM Kalteng, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah, Adiah Chandra Sa

FBIM 2024 Kalteng bertabur artis papan atas, ini jadwalnya

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah Adiah Chandra Sari. ANTARA/HO-MMC Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah Adiah Chandra Sari menyatakan bahwa pelaksanaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dari tanggal 17 sampai 24 Mei 2024, akan dilaksanakan di lima tempat berbeda.

"FBIM kali ini pun bukan hanya diisi karnaval, festival kuliner, lomba seni budaya dan olahraga tradisional, tetapi juga bertabur artis papan atas Indonesia," kata Adiah di Palangka Raya, Jumat.

Adapun lokasi FBIM Kalteng untuk karnaval budaya akan dipusatkan di Bundaran Besar Palangka Raya, hiburan musik yang diisi artis papan atas dipusatkan di halaman GOR Indoor Serbaguna Palangka Raya, lomba perahu hias dilaksanakan di sungai Kahayan dan dapat disaksikan dari Bawah Jembatan Kahayan serta Flamboyan Bawah, serta festival kuliner di Swiss Belhotel Danum Palangka Raya.

Sementara untuk artis papan atas yang akan tampil di dan menghibur masyarakat Kalteng di FBIM 2024 kali ini yakni Dewa, Ungu, Kangen Band, Vionita, dan lainnya. Di mana Ungu, Kangen Band dan Vionita Sihombing akan tampil di halaman Indoor Serbaguna jalan Tjilik Riwut pada tanggal 18 Mei 2024, dan Dewa akan tampil 24 Mei 2024.

"Bahkan Chef Juna turut dihadirkan dalam Festival Kuliner. Semua hiburan yang menampilkan artis papan atas itu gratis. Peserta dalam lomba kuliner yang menghadirkan Chef Juna itu juga dapat dapat diikuti masyarakat secara gratis," beber Adiah.

Penyelenggaraan FBIM 2024 oleh pemprov melalui Disbudpar Kalteng  ini, berkolaborasi dan menggandeng event organizer El Production. FBIM tahunan ini menjadi suguhan spesial, khususnya bagi seluruh mayarakat Bumi Tambun Bungai, masyarakat Indonesia hingga wisatawan mancanegara pada umumnya.

Jadwal FBIM yakni, Minggu (19/5/2024) dilaksanakan Lomba Pawai Budaya di Bundaran Besar Palangka Raya dari pukul 0b.00 wib, dan lomba sepak sawut di halaman GOR Indoor Serbaguna jalan Tjilik Riwut pukul 18.00 wib.

Baca juga: FBIM dan Festival Babukung masuk kalender budaya nasional 2024

Senin (20/5/2024) dilaksanakan lomba Habayang di halaman GOR Indoor Serbaguna dari pukul 08.00 wib, lomba Panginan Sukup Simpan di GOR Indoor Serbaguna dari pukul 08.00 wib, Lomba Lawang Sekepeng di halaman GOR Indoor Serbaguna dari pukul 08.00 wib, Lomba Mangenta di halaman GOR Indoor Serbaguna dari pukul 08.00 wib, lomba Besei Kambe di Bawah Jembatan Kahayan dari pukul 08.00 wib, lomba perahu hias di Dermaga Flamboyan dari pukul 13.00 wib, lomba lagu daerah di halaman GOR Indoor Serbaguna dari pukul 16.00 wib.

Selasa (21/5/2024) dilaksanakan lomba Karungut di halaman GOR Indoor Serbaguna dari pukul 08.00 wib, lomba Malamang halaman GOR Indoor Serbaguna dari pukul 08.00 wib, lomba Balogo di halaman GOR Indoor Serbaguna dari pukul 08.00 wib, lomba Jukung Tradisional Putri di Bawah Jembatan Kahayan dari pukul 08.00 wib, unjuk bakat Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata di Swiss-Belhotel Danum dari pukul 15.00, dan lomba Tari Pesisir di halaman GOR Indoor Serbaguna dari pukul 18.00 wib.

Rabu (22/5/2024) dilaksankaan lomba Manyipet di halaman GOR Indoor Serbaguna dari pukul 08.00 wib, lomba Balogo di halaman GOR Indoor Serbaguna dari pukul 08.00 wib, lomba Maneweng dan Manetek Tuntang Manyila Kayu di halaman GOR Indoor Serbaguna dari pukul 08.00 wib, lomba Jukung Tradisional Putra di Bawah Jembatan Kahayan dari pukul 08.00 wib, lomba Mangaruhi di halaman GOR Indoor Serbaguna dari pukul 15.00 wib, grand pinal Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata di Swiss-belhotel Danum, dan Lomba Tari Pedalaman di halaman GOR Indoor Serbaguna dari pukul 18.00 wib.

Baca juga: Kontingen Barito Utara ikuti 26 cabang lomba FBIM 2024

Baca juga: Legislator harapkan Barito Utara bisa mengulang juara umum FBIM

Baca juga: Pemkab Kobar kirimkan 173 orang ikuti FBIM 2024

Baca juga: Murung Raya kirim 237 peserta bertanding di FBIM