Jelang Pilkada Kotim sudah tujuh tokoh mendaftar ke PKS

id Jelang Pilkada Kotim sudah tujuh tokoh mendaftar ke PKS, kalteng, sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pilkada, politik, pemilu

Jelang Pilkada Kotim sudah tujuh tokoh mendaftar ke PKS

Ketua DPD PKS Kabupaten Kotawaringin Timur, Suprianto. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Sampit (ANTARA) - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi salah satu partai yang diincar menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, terbukti hingga saat ini sudah ada tujuh tokoh yang mendaftar dalam penjaringan bakal calon kepala daerah di partai tersebut. 

"Sampai siang ini baru tujuh orang yang masuk. Pendaftaran akan kami tutup tanggal 25 Mei nanti," kata Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kabupaten Kotawaringin Timur, Suprianto di Sampit, Senin. 

Suprianto menyebutkan, partainya membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin mendaftar. Semua akan diterima dengan baik dan diberikan kesempatan yang sama dalam penjaringan. 

Hingga saat ini sudah ada tujuh tokoh yang mendaftar, yakni Said Muhammad Al Habsyi, Irawati, Rahmat Nasution Hamka, Selvia Sarah, Jhon Krisli, Aswin Nur dan Sidi Ihsan Nur. 

Dari tujuh nama itu, terdapat nama Irawati yang saat ini menjabat wakil bupati, sedangkan petahana Bupati Halikinnor belum ada tercatat mendaftar ke PKS Kotawaringin Timur. 

Menurut Suprianto, ketujuh tokoh tersebut mendaftar sebagai bakal calon bupati. "Ya (posisi bakal calon bupati). Begitu kalau dari form formulir," ujar Suprianto. 

Saat ini panitia penjaringan sedang menyusun jadwal wawancara terhadap masing-masing peserta penjaringan tersebut. Wawancara dilaksanakan sambil menunggu jika ada tokoh lainnya yang mendaftar hingga pendaftaran ditutup. 

Baca juga: Perkuat dukungan, Halikinnor daftar ke PKB

"Wawancara itu nanti secara umum misalnya terkait visi misi, strategi pemenangan, pendalaman kapasitas, kapabilitas dan probabilitas para bacalon, termasuk cost politik," tambah Suprianto. 

Setelah wawancara, kata dia, nantinya akan ada survei yang dilakukan oleh PKS untuk mengetahui tingkat popularitas dan elektabilitas masing-masing tokoh peserta penjaringan bakal calon kepala daerah tersebut. 

Setelah itu, baru DPP PKS mengeluarkan rekomendasi nama yang akan didukung partai tersebut dalam Pilkada Kotawaringin Timur pada 27 November 2024.

Sementara itu, PKS kini mempunyai nilai tawar yang semakin tinggi dalam perpolitikan di Kotawaringin Timur. Partai ini mengalami perkembangan yang pesat dan diterima dengan baik oleh masyarakat. 

Hasil Pemilu Legislatif 14 November 2024, PKS mampu menambah perolehan kursi di DPRD Kotawaringin Timur. Jika dalam Pemilu Legislatif 2019 lalu hanya memperoleh satu kursi yakni Suprianto, kini PKS mampu menambah perolehan kursi menjadi tiga kursi. 

"Alhamdulillah kami meraih tiga kursi yaitu di dapil 1, dapil 2 dan dapil 4," demikian Suprianto. 

Baca juga: Siap hadapi pilkada, Irawati sudah mendaftar di lima parpol

Baca juga: Halikinnor santai tanggapi langkah Irawati mendaftar ke sejumlah parpol

Baca juga: Kembali berpasangan, Halikinnor-Irawati ingin membawa Kotim lebih maju lagi