Kadisarpustaka Kapuas: Arsip jaga memori kolektif bangsa

id pemkab kapuas, disarpustaka kapuas, suwarno muriyat, perpustakaan, arsip daerah, kuala kapuas, anri

Kadisarpustaka Kapuas: Arsip jaga memori kolektif bangsa

Kepala Disarpustaka Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat, mengikuti Rakornas kearsipan di Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (28/5/2024). (ANTARA/HO-Disarpustaka Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Suwarno Muriyat mengatakan arsip memiliki peranan sangat penting dalam menjaga memori koletif bangsa.
 
"Oleh karenanya diperlukan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan yang terintegratif," katanya dihubungi dari Kuala Kapuas, Rabu.
 
Dirinya sedang mengikuti rapat koordinasi nasional dalam rangka peringatan Hari Kearsipan Nasional ke-53 di Samarinda, Kalimantan Timur.
 
“Kami memanfaatkan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi personal," terangnya.

Baca juga: Perolehan kursi anggota DPRD Kapuas periode 2024-2029 resmi ditetapkan KPU
 
Selain itu, juga berkonsultasi dan berkoordinasi kepada pejabat dari ANRI agar Disarpustaka Kapuas mampu mempertahankan bahkan meningkatkan kinerja dan nilai hasil pengawasan kearsipan.
 
Dalam kegiatan ini Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi hadir langsung untuk menerima penghargaan dari Arsip Nasional RI sebagai Penyelenggara Kearsipan Terbaik se-Kalteng dengan Kategori BB (Sangat Baik).
 
Peringatan Hari Kearsipan Nasional ke-53 yang dirangkai dengan berbagai agenda kegiatan, berlangsung selama tiga hari dan diikuti hampir seribu peserta dari kementerian, lembaga kearsipan provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia.
 
Adapun Peringatan Hari Kearsipan Nasional yang mengusung tema Sustainable Archiving for the Best Future (Kearsipan yang Berkelanjutan untuk Masa Depan Terbaik), dalam bentuk Rakornas Hasil Pengawasan Kearsipan, Penyerahan Penghargaan, Seminar, Rakor dan Bimtek.

Baca juga: Disarpustaka Kapuas layani masyarakat pesisir perkuat literasi

Baca juga: Pemkab Kapuas minta pemerintah pusat tingkatkan bantuan untuk desa

Baca juga: Peringatan Hari Jadi Provinsi Kalteng di Kapuas berlangsung khidmat