Penjabat Bupati Pulang Pisau harapkan pemanfaatan FABA bisa menggerakkan ekonomi

id Penjabat Bupati Pulang Pisau harapkan pemanfaatan FABAbisa menggerakkan ekonomi, kalteng, Pulang Pisau, ekonomi

Penjabat Bupati Pulang Pisau harapkan pemanfaatan FABA bisa menggerakkan ekonomi

Penjabat Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani memberikan keterangan terkait kunjungan ke PT PLN Nusantara Power terkait dengan kerja sama pemanfaatan FABA di Pulang Pisau, Kamis (30/5/2024). ANTARA/HO-Diskominfostandi Pulang Pisau

Pulang Pisau (ANTARA) - Penjabat Bupati Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Nunu Andriani berharap kerja sama dalam memorandum of understanding (MoU) yang dilakukan dengan PT PLN Nusantara Power dalam pengelolaan limbah abu sisa pembakaran batu bara atau fly ash bottom ash (FABA) bisa menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar.

“Melalui kerja sama pengelolaan FABA dengan PT PLN Nusantara Power diharapkan bisa menggerakkan ekonomi masyarakat dengan pemanfaatan limbah untuk bahan dasar berbagai produk industri yang dibutuhkan,” kata Nunu Andriani di Pulang Pisau, Kamis.

Dikatakan Nunu Andriani, dalam kunjungan ke workshop PT PLN Nusantara Power di Kecamatan Kahayan Hilir, dirinya melihat dari dekat bahwa limbah FABA bisa dikelola dan dimanfaatkan sebagai bahan untuk konstruksi bangunan seperti batako dan paving block.

Pelaku usaha di kabupaten setempat harusnya bisa memanfaatkan kerja sama ini untuk menghasilkan produksi yang lebih luas sehingga pemanfaatannya memiliki dampak ekonomis bagi masyarakat.

Ia juga mengungkapkan bahwa PT PLN Nusantara Power sebelumnya juga telah menyosialisasikan cara pembuatan FABA dengan komposisi bahan campuran yang hasil batako dan paving block tidak kalah dengan bahan dasar lainnya.

Baca juga: Pemkab Pulang Pisau targetkan penurunan stunting 14 persen

Pemerintah setempat berencana untuk memberikan pelatihan bagi para pelaku usaha yang bergerak di bidang batako dan paving block untuk mendapatkan pengetahuan dalam pengelolaan dan pemanfaatan limbah ini. 

“Desa-desa yang berada di ring satu PT PLN Nusantara Power seperti  Desa Mintin, Desa Mantaren, dan Desa Buntoi harus bisa memanfaatkan kerjasama ini sehingga menciptakan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar,” ucapnya 

Manager Unit PT PLN Nusantara Power PLTU Pulang Pisau Fu’ad Arifin menginginkan inovasi-inovasi terhadap pengelolaan FABA ini diharapkan bisa bermanfaat seluas-luasnya untuk masyarakat.

Ia menyebut setiap hari ada sebanyak 50 ton FABA yang diproduksi PT PLN Nusantara Power di kabupaten setempat. Melalui tagline “FABA Sebar Manfaat" diharapkan bisa menjadi motivasi tersendiri bagi masyarakat untuk bisa memanfaatkan limbah ini secara luas dengan memanfaatkan inovasi-inovasi yang bisa menambah dan menggerakkan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Apdesi Pulang Pisau diminta kampanyekan transparansi tata kelola pemerintah desa

Baca juga: Idham Amur cari dukungan enam parpol kembali maju Pilkada 2024

Baca juga: Sekda Pulang Pisau ingatkan pentingnya sinergisitas dan kolaborasi percepatan pembangunan