IBL tampilkan dua laga besar di pekan ke-14

id ibl,laga besar,pekan ke-14,pelita jaya

IBL tampilkan dua laga besar di pekan ke-14

Pebasket Amartha Hangtuah Jakarta Fisyaiful Amir (kiri) berebut bola dengan pebasket Dewa United Banten Hardianus (kanan) saat pertandingan lanjutan Indonesia Basketball League (IBL) 2024 di Dewa United Arena, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (26/5/2024). ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/rwa. (ANTARA FOTO/SULTHONY HASANUDDIN)

Jakarta (ANTARA) - Kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) 2024 pekan ke-14 akan menyajikan dua laga besar yang menarik perhatian dan akan menjadi penentu rekor-rekor baru terpecahkan di liga.


Keseruan tersebut akan terjadi pada Minggu (2/6) 2024, di mana dua dari empat pertandingan yang akan berlangsung pada hari itu akan mempertemukan Pelita Jaya Jakarta melawan Kesatria Bengawan Solo, dan Prawira Harum Bandung melawan Dewa United Banten.

Pertemuan Pelita Jaya Jakarta dan Kesatria Bengawan Solo adalah pertemuan pertama kedua tim di liga profesional, karena Kesatria adalah kontestan baru di liga. Namun jika melihat rekor tim yang telah dibuat sepanjang musim IBL 2024, laga ini akan menjadi laga yang seru.

Sampai pekan kompetisi ke-14, Kesatria Bengawan Solo sudah mengumpulkan 16 kemenangan dari 17 pertandingan yang telah dijalaninya. Lebih lagi, mereka menang 16 laga berturut-turut.

Dengan kata lain, satu-satunya kekalahan yang dialami oleh skuad asuhan Efri Meldi tersebut hanya di laga pertamanya pada musim ini ketika bertemu Prawira Harum Bandung.

Kesatria memiliki kesempatan untuk menyamai rekor kemenangan beruntun terpanjang dalam sejarah IBL yaitu 17 menang berturut-turut yang pernah dicapai oleh CLS Knights Surabaya pada IBL 2016, dan Stapac Jakarta di musim 2018-2019.




Hal itu akan didapatkan oleh Kesatria andai mereka bisa mengalahkan Pelita Jaya Jakarta. Setelah itu, barulah Kesatria bisa berbicara mengenai rekor baru yang belum pernah dicapai oleh tim manapun di IBL, yaitu 18 kemenangan beruntun.

Di sisi lain, Pelita Jaya boleh jadi merupakan tim dengan predikat pembunuh raksasa. Karena merekalah yang menghentikan rekor kemenangan beruntun Dewa United Banten pada pekan ke-11. Dewa United Banten telah mengoleksi 17 kemenangan dan hanya satu kali kalah, yaitu oleh Pelita Jaya.

Padahal, Dewa United Banten di musim IBL 2024 tampak sangat mengerikan dengan para pemain yang haus skor. Tidak jarang Dewa United menang besar dengan selisih di atas 20 poin, dan selalu mencetak lebih dari 100 poin di separuh laga yang sudah mereka jalani. Namun, keganasan Dewa United itu jatuh di tangan Pelita Jaya.

Pelita Jaya saat ini berada di peringkat dua klasemen IBL 2024, tepat di bawah Dewa United, dengan 16 menang dan 2 kalah. Sementara Kesatria Bengawan Solo di peringkat tiga dengan 16 menang dan 1 kalah.

Pertandingan besar kedua yakni laga antara Prawira Harum Bandung melawan Dewa United Banten di C-Tra Arena Bandung Jawa Barat. Sekadar informasi bahwa di musim 2024, Dewa United sudah unggul (1-0) atas Prawira, lewat kemenangan 84-81 pada 28 Januari lalu di Banten. Kini giliran Prawira yang menjadi tuan rumahnya, namun dengan skuad yang berbeda.

Prawira dan Dewa United juga sama-sama sedang mencatat kemenangan beruntun. Prawira menang enam kali beruntun hingga pekan ke-13. Sedangkan Dewa United lima kali menang berturut-turut, sejak kekalahan perdana mereka dari Pelita Jaya.

Sementara itu, sejarah pertemuan mencatat bahwa sejak musim 2022, Prawira unggul 8-2 atas Dewa United dalam 10 pertemuan.