Venezia menjadi tim ketiga yang promosi ke Liga Italia

id venezia,tim ketiga,promosi,liga italia,Jay Idzes

Venezia menjadi tim ketiga yang promosi ke Liga Italia

Pemain timnas Indonesia Jay Idzes berpose setelah membawa timnya Venezia menang pada pekan ke-37 Serie B Italia saat mengalahkan FeralpiSalo 2-1 di Stadion Pier Luigi Penzo, Italia, Minggu (5/5/2024). ANTARA/Venezia/aa.

Jakarta (ANTARA) - Venezia yang diperkuat oleh pemain timnas Indonesia, Jay Idzes, menjadi tim ketiga yang berhasil promosi ke strata tertinggi Liga Italia pada Minggu setempat atau Senin dini hari WIB.



The Lagunari kembali ke kompetisi strata tertinggi Italia setelah dua tahun absen. Mereka memenangi play off Serie B, berkat kemenangan agregat 1-0 atas Cremonese, demikian catatan laman resmi Liga Italia.


Pertandingan leg pertama di Cremona berakhir dengan skor imbang 0-0 tiga hari yang lalu, tetapi pasukan Paolo Vanoli mengamankan kemenangan 1-0 di kandang sendiri pada malam ini. Gol semata wayang tersebut dibukukan oleh Christian Gytkjaer pada menit ke-24.

Sebenarnya hasil imbang pun sudah cukup bagi Venezia untuk menaklukkan Grigirossi dan mengamankan tiket promosi, sebab mereka finis lebih tinggi di klasemen akhir pada musim reguler.


Venezia finis di posisi ketiga dengan koleksi total 70 poin, unggul tiga poin atas tim posisi keempat Cremonese.

Parma dan Como telah lebih dahulu mengamankan spot promosi ke Serie A, dengan finis di posisi pertama dan kedua.


Venezia terdegradasi ke Serie B pada musim 2021/2022. Saat itu mereka finis di posisi juru kunci pada klasemen akhir dengan 27 poin.

Promosinya Venezia membuat pihak-pihak asing akan memiliki 50 persen klub strata tertinggi Italia pada musim depan.