DPRD Barsel: Pemantauan rutin bapok penting untuk dilaksanakan

id dprd barito selatan, hermanes, buntok, barsel, bapok, bahan pokok, ketersediaan pangan

DPRD Barsel: Pemantauan rutin bapok penting untuk dilaksanakan

Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, Hermanes. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) -
DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah mendukung langkah yang dilakukan pemerintah kabupaten setempat yang rutin memantau harga dan ketersediaan bahan pokok di pasaran.
 
"Kita sangat mendukung langkah pemkab melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM yang rutin memantau ketersediaan dan harga bahan pokok di pasaran," kata Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, Hermanes di Buntok, Senin.
 
Ia mengatakan, pemantauan yang dilaksanakan secara rutin tersebut sangat penting dilakukan dan hal ini merupakan salah satu langkah untuk mengendalikan inflasi.
 
Oleh karena itu, dirinya sangat mengapresiasi dan mendukung langkah yang telah dilakukan dinas terkait, sehingga harga dan ketersediaan bahan pokok di pasaran bisa diketahui dalam setiap harinya.
 
"Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM ini merupakan langkah yang sangat baik, apalagi saat ini menjelang Hari Raya Idul Adha," ucapnya.
 
Sebab menurut politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan itu, pada saat menjelang hari besar keagamaan, biasanya harga sejumlah bahan pokok ada yang mengalami kenaikan.
 
Dengan dilakukan pemantauan secara rutin tersebut, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan dapat melaksanakan sejumlah upaya segera apabila terjadi lonjakan harga.
 
"Salah satu upaya dalam mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok itu dengan melaksanakan kegiatan pasar murah, atau pasar penyeimbang guna membantu masyarakat dalam memenuhi keperluannya sehari-hari," kata Hermanes.

Baca juga: DPRD Barsel ajak masyarakat pacu semangat gotong royong majukan daerah
 
Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Barito Selatan, Swita Minarsih sebelumnya mengatakan, untuk harga bahan pokok yang ada di pasaran saat ini masih stabil.
 
"Pemantauan harga dan ketersediaan bahan pokok ini memang rutin kita laksanakan setiap hari dan hasil pemantauan akan disampaikan ke Kementerian Perdagangan Republik Indonesia," tambah dia.
 
Kegiatan yang dilaksanakan tersebut juga kata Swita Minarsih merupakan salah satu upaya dalam mengantisipasi terjadinya inflasi di daerah ini dan apabila terjadi lonjakan harga, pihaknya akan melaksanakan sejumlah upaya guna membantu masyarakat.
 
Ia berharap, harga kebutuhan pokok dipasaran dalam kota Buntok tetap stabil dan tidak mengalami kenaikan menjelang Hari Raya Idul Adha.

Baca juga: Komisi III DPRD bersama Pemkab Barsel RDP bahas perjalanan dan rumah dinas

Baca juga: Pemkab Barsel pastikan harga bahan pokok tetap stabil

Baca juga: SMKN 3 Buntok komitmen bangun pondasi pendidikan kokoh