Inspektorat Kalteng intensifkan pengawasan penyelenggaraan Pemkab Kapuas

id Inspektorat Kalteng intensifkan pengawasan penyelenggaraan Pemkab Kapuas, kalteng, pemkab Kapuas, kapuas

Inspektorat Kalteng intensifkan pengawasan penyelenggaraan Pemkab Kapuas

Penyerahan surat pemberitahuan dan surat tugas dari Inspektur Daerah Provinsi KaltengĀ  Saring ke Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy usai melaksanakan Entry Meeting Pengawasan Penyelenggaraan Pemkab Kapuas, Selasa (4/6/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Inspektorat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan entry meeting atau pertemuan terkait pengawasan penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Kapuas tahun 2024,

“Ini dalam rangka menjamin terlaksananya penyelenggaraan pemerintahan daerah berjalan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” kata Kepala Inspektorat Kalteng, Saring di Kuala Kapuas, Selasa.

Tujuan dari pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah adalah meningkatkan ketaatan, ekonomis, efisiensi, dan efektivitas pencapaian tujuan dan sasaran penyelenggaraan tugas dan fungsi kabupaten/kota di wilayah Provinsi Kalteng.

Selain itu, lanjutnya, juga dengan meningkatnya efektivitas manajemen risiko dan pengendalian dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi kabupaten/kota di wilayah Provinsi Kalteng dan meningkatnya tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi kabupaten/kota di wilayah setempat.

Fokus pengawasan dalam hal ini yaitu aspek arah kebijakan dan agenda pembangunan nasional seperti pengendalian inflasi, penguatan tata kelola pemerintah dan penurunan prevalensi stunting. Selain itu aspek pengawasan teknis terhadap prioritas nasional seperti pekerjaan umum dan penataan ruang, pendidikan dan kesehatan.

Baca juga: Seorang perempuan di Kapuas ditemukan tewas mengapung

"Untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan pengawasan penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Kapuas, dimohon bantuan kepada perangkat daerah terkait dapat memberikan informasi dan data dukung yang diperlukan oleh tim pemeriksa, agar proses pemeriksaan ini dapat berjalan lancar, efektif dan efisien sesuai jadwal yang direncanakan,” katanya

Ia berharap dengan adanya pemeriksaan ini tentunya akan menjadi cermin bagi Pemkab Kapuas, untuk bisa menjadi saran dan masukkan dan bisa segera ditindaklanjuti.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Septedy dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya sudah menindaklanjuti terkait dengan surat edaran Inspektur provinsi terkait dengan data-data yang telah diminta sebelumnya.

“Kami bekerja keras untuk mengumpulkan data-data yang diminta dan kita yakin bahwa pengawasan ini pasti endingnya adalah dalam rangka perbaikan,” demikian Septedy.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Inspektur Kabupaten Kapuas, Heribowo dan di hadiri juga seluruh kepala organisasi perangkat daerah di lingkup Pemkab Kapuas.

Baca juga: Pj Bupati Kapuas ingatkan guru PPPK terus tingkatkan kinerjanya

Baca juga: Pemkab Kapuas terus tingkatkan pencegahan stunting

Baca juga: Langkah Pemkab Kapuas realisasikan pembangunan Jembatan Anjir diapresiasi