Ketua DPRD Palangka Raya minta pemkot berikan bantuan pupuk ke petani

id Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Karyawan Yunianto, DPRD Kota Palangka Raya, DPRD, Palangka Raya, kalteng

Ketua DPRD Palangka Raya minta pemkot berikan bantuan pupuk ke petani

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit Karyawan Yunianto. ANTARA/Rajib Rizali.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Karyawan Yunianto mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah setempat, agar dapat menyediakan dan memberikan bantuan berupa pupuk kepada para petani di wilayah ini.

"Bantuan pupuk tersebut sebagai salah satu upaya mensejahterakan para petani yang ada di kota ini," kata Sigit di Palangka Raya Jumat.

Dia menjelaskan, selama ini para petani di Kota Palangka Raya terkendala dengan harga pupuk yang mahal sehingga para petani menggunakan pupuk dengan kualitas biasa. Dampaknya, hal tersebut membuat hasil produksi petani yang tidak memiliki kualitas tinggi sehingga membuat para petani sulit untuk berkembang.

"Coba kalau pupuk disediakan atau dibantu oleh pemerintah, tentu para petani bisa meningkatkan hasil produksi nya," ucapnya.

Selain itu, lanjut Sigit, Pemerintah Kota Palangka Raya juga harus memberikan bantuan berupa pelatihan dan penyuluhan modern kepada petani tentang teknik budi daya yang modern dan efisien.

Dia menyontohkan, seperti pelatihan penggunaan teknologi pertanian terbaru, pengelolaan hama dan penyakit, serta cara meningkatkan kualitas hasil panen.

"Sebab kalau hanya memberikan bantuan alat mesin pertanian yang modern, tentunya akan kurang maksimal tanpa adanya ilmu untuk cara menggunakan sistem pertanian modern," ujarnya.

Baca juga: DPRD ingatkan pentingnya orang tua rutin membawa anak ke posyandu

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalimantan Tengah ini berharap, dengan adanya komitmen Pemerintah Kota Palangka Raya dalam memprioritaskan para petani, hal tersebut dapat mewujudkan kemandirian pangan di daerah ini.

Dengan kondisi demikian, Kota Palangka Raya ke depan tidak akan bergantung lagi pada provinsi lain dalam hal menyediakan sejumlah bahan pokok.

"Kalau seperti ini kan tentu harga bahan pokok jauh lebih murah karena tidak perlu melalui pendistribusian yang memakan ongkos transportasi tinggi," demikian Sigit Karyawan Yunianto.

Baca juga: DPRD minta tidak ada penambahan biaya dalam PPDB di Palangka Raya

Baca juga: Manfaatkan PDU, masyarakat Palangka Raya diminta aktif pilah sampah

Baca juga: Optimalkan Palangka Fair sebagai sarana pelaku UMKM kenalkan produk unggulan