Pemprov Kalteng berdayakan peternak lokal sediakan sapi kurban untuk Idul Adha 2024

id pemprov kalteng, hari raya idul adha, sapi kurban, palangkaraya, kalimantan tengah

Pemprov Kalteng berdayakan peternak lokal sediakan sapi kurban untuk Idul Adha 2024

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bekerja sama dengan peternak lokal di wilayah setempat untuk menyediakan sebanyak 1.000 ekor sapi kurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.
 
"Dalam pengadaan hewan kurban ini, Pemprov Kalteng bekerja sama dengan peternak lokal dari kabupaten/kota masing-masing, dengan harapan memberdayakan dan menyejahterakan peternak lokal, serta menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar," terang Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo di Palangka Raya, Senin.
 
Dia menjelaskan pada Idul Adha 2024 ini, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemprov Kalteng kembali menyalurkan bantuan hewan kurban ke seluruh kabupaten/kota, dengan jumlah total sebanyak 1.000 ekor sapi.
 
"Terdiri dari dua ekor sapi limosin 1 ton, 18 sapi limosin 700 kilogram, dan 980 sapi berbobot 300 kilogram," ujarnya.

Baca juga: Wagub Kalteng: Idul Adha momen tingkatkan kepedulian & saling berbagi ke sesama
 
1.000 ekor sapi kurban dari Pemprov Kalteng tersebut disebar ke berbagai kabupaten dan kota dengan menugaskan para kepala perangkat daerah termasuk jajaran pimpinan, menyampaikannya kepada masyarakat di tiap daerah.
 
Adapun untuk sapi limosin di antaranya diperuntukan bagi Masjid Darussalam dan Masjid Raya Nurul Islam Kota Palangka Raya, serta lainnya. Sedangkan sapi-sapi lainnya juga telah disalurkan dengan tujuan meliputi masjid, mushola, pondok pesantren, serta tempat lainnya.
 
Selain itu, pihaknya juga menggelar kegiatan pasar murah di seluruh 14 kabupaten/kota, sebagai salah satu bentuk kehadiran Pemprov Kalteng untuk membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu, dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-harinya. 
 
"Menjadi harapan kita bersama, Hari Raya Idul Adha ini benar-benar menjadi momen berbagi kebahagiaan, momen suka cita yang bisa dirasakan seluruh kalangan masyarakat, termasuk yang kurang mampu, termasuk dapat bersama-sama menikmati lezatnya daging kurban," tuturnya.

Baca juga: Dishanpang Kalteng sediakan pangan strategis bersubsidi dalam Gerakan Pangan Murah di Bartim

Baca juga: Pemprov Kalteng berencana bangun pusat olahraga di Kotim

Baca juga: Mentan serahkan bantuan pertanian senilai Rp8 miliar untuk Kalteng