Penjabat Bupati Kapuas yakin Pramuka mampu hasilkan generasi penerus terbaik

id Penjabat Bupati Kapuas yakin Pramuka mampu hasilkan generasi penerus terbaik, kalteng, Kapuas, Pramuka, pendidikan

Penjabat Bupati Kapuas yakin Pramuka mampu hasilkan generasi penerus terbaik

Penjabat Bupati Kapuas, Erlin Hardi melepas keberangkatan peserta gerak jalan memperingati Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024, Minggu (11/8/2024). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Penjabat Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah Erlin Hardi mendukung penuh pengembangan Pramuka karena dia yakin organisasi ini mampu mencetak generasi penerus yang berkualitas dan terbaik di daerah ini.

"Adik-adik semuanya ke depan harus tetap bersemangat, karena di pundak-pundak kalian inilah nanti masa depan Kapuas, masa depan bangsa kita. Tentunya yang kami harapkan untuk bisa menjadi generasi penerus, generasi muda kita yang hebat-hebat,” kata Erlin Hardi di Kapuas, Minggu.

Harapan itu disampaikannya saat melepas acara gerak jalan Pramuka. Puluhan regu Pramuka mengikuti lomba gerak jalan dalam rangka memperingati hari Pramuka ke-63 tahun 2024 ini.

Erlin mengharapkan kepada seluruh anggota Pramuka untuk mengisi hari-harinya dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

“Apalagi zaman sekarang, dunia media sosial kita ini sudah begitu berkembang secara cepat. Perhatikan, amati, teliti untuk informasi-informasi yang sifatnya bisa mempengaruhi pemikiran yang negatif untuk bisa disaring adik-adik semuanya. Dan itu juga bisa metode yang dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan yang positif,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kwatir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat melaporkan, dalam rangka memperingati hari Pramuka ke-63 Kwatir Cabang Gerakan Pramuka setempat, menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang melibatkan anggota Pramuka dari berbagai tingkat.

“Kegiatan ini dirancang tidak hanya untuk merayakan hari Pramuka tersebut tetapi juga untuk mengembangkan keterampilan, semangat kebersamaan dan jiwa kepemimpinan di kalangan anggota Pramuka,” katanya.

Baca juga: Teras Narang apresiasi dimulainya rekonstruksi jembatan bowstring Mandomai

Salah satu kegiatan utama adalah gerak jalan yang dikemas sebagai perlombaan untuk menguji kekuatan fisik, ketahanan dan kerjasama tim.

“Peserta akan berjalan dengan rute yang telah ditentukan oleh panitia, melibatkan jalan-jalan utama di sekitar wilayah Kota Kuala Kapuas, dengan jarak yang bervariasi sesuai dengan tingkatan Pramuka Penggalang SD/MI, SMP/MTs dan Penegak SMA/ MA,” terangnya.

Untuk peserta gerak jalan ini yang mengikuti berjumlah 30 regu yang terdiri dari peserta dari Pangkalan Gudep SD/MI Penggalang 11 regu, dengan jumlah 10 orang atau regu putra dan putri boleh gabung.

Peserta dari Pangkalan Gudep SMP/MTs Penggalang 14 regu dengan jumlah 16 orang atau regu putra putri satuan terpisah.

Kemudian, peserta dari Pangkalan Gudep SMA/MA Penegak 5 regu dengan jumlah 16 orang atau regu, putra putri satuan terpisah.

“Kriteria penilaian nilai waktu, nilai keutuhan dan nilai keserasian. Dan untuk dewan juri berjumlah 30 orang dari andalan Cabang Kwarcab Kapuas,” demikian Suwarno Muriyat.

Baca juga: Disarpustaka Kapuas luncurkan program Spot Baca Digital

Baca juga: Legislator Kapuas dapat kehormatan jadi anggota PPM

Baca juga: Disarpustaka Kapuas resmikan Kafe Literasi Rumah Betang tarik minat pembaca