Sukseskan Gencarkan, PT Bank Kalteng fasilitasi siswa SLB akses simpanan pelajar

id bank kalteng, gencarkan, ojk kalteng,Gerakan Nasional Cerdas Keuangan, simpel, simpanan pelajar, slb kalteng, kalimantan tengah, direktur bisnis bank

Sukseskan Gencarkan, PT Bank Kalteng fasilitasi siswa SLB akses simpanan pelajar

Direktur Pemasaran dan Bisnis PT Bank Kalteng Marzuki di sela kegiatan Gencarkan di SLBN 2 Palangka Raya, Kamis (22/8/2024). (ANTARA/Andri)

Palangka Raya (ANTARA) -
PT Bank Kalteng dan OJK Kalimantan Tengah turut berpartisipasi menyukseskan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (Gencarkan) di provinsi setempat yang dipusatkan di SLBN 2 Kota Palangka Raya, Kamis.
 
Direktur Pemasaran dan Bisnis PT Bank Kalteng Marzuki mengatakan, dalam beberapa waktu terakhir pihaknya gencar melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada para pelajar untuk meningkatkan literasi maupun inklusi keuangan.
 
"Dalam kesempatan ini, produk yang kami tawarkan khususnya kepada pelajar SLB, yakni Simpanan Pelajar (Simpel) yang pembukaannya gratis, saldo awal kami subsidi dengan CSR Bank Kalteng," terangnya.
 
Marzuki berharap agar ke depan para pelajar SLB di Kalimantan Tengah ini semakin rajin dalam menyisihkan uangnya untuk ditabung.
 
"Semoga spirit (semangat) budaya menabung bisa terus tumbuh," tuturnya.

Baca juga: Bank Kalteng tingkatkan penyaluran kredit produktif pacu perekonomian daerah
 
Selain itu Bank Kalteng juga memiliki Program Selalu Berkah atau Sentra Layanan Pelaku Usaha Berkah yang juga potensial untuk bisa diakses para pelajar.
 
Kepala Bagian Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen (PEPK) OJK Kalteng M Fajar Purnama mengatakan, Gencarkan merupakan gerakan nasional melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan secara masif dan merata di seluruh Indonesia.
 
"Berdasarkan hasil data statistik tabungan simpanan pelajar periode Januari sampai dengan Juni 2024, diketahui belum seluruh pelajar di Kalimantan Tengah memiliki akses ke lembaga jasa keuangan, khususnya produk tabungan," katanya.
 
Oleh karenanya diharapkan kegiatan literasi keuangan yang dilaksanakan secara serentak ini memberikan dampak positif, khususnya dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat terutama pada segmen pelajar.
 
Wakil Kepala SLBN 2 Palangka Raya Agus Rianto mengatakan dalam pelaksanaan kegiatan ini diikuti sekitar 1.300 peserta dari berbagai kabupaten dan kota.